Anggota KIR MAN 4 Kebumen Isi Liburan Dengan Fun Gathering

Kebumen – Selalu ada cara menarik untuk mengisi liburan di hari Minggu. Seperti halnya para pelajar MAN 4 Kebumen yang mengadakan acara Fun Gathering pada Minggu, 13 Februari 2022. Acara yang dilaksanakan di halaman madrasah itu dikuti oleh mayoritas pelajar MAN 4 Kebumen mulai dari kelas X sampai kelas XII yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Seperti diketahui, pelajar yang tergabung dalam KIR MAN 4 Kebumen ini sudah banyak menorehkan berbagai macam prestasi di bidang riset, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Kegiatan yang dilakukan selama berlangsungnya acara Fun Gathering tersebut dimulai dengan sarapan pagi bersama, kemudian dilanjutkan dengan senam, main bola volly air, tebak gaya, dan estafet air. Kemudian dalam sesi penutup dilakukan acara tukar kado di mana setiap peserta yang membagikan kado maupun yang menerimanya harus sama-sama dalam keadaan mata tertutup.

Menurut Mufita Wafiana selaku pembimbing KIR MAN 4 Kebumen, tujuan diadakannya acara Fun Gathering itu antara lain untuk mempererat tali silaturrahmi dan hubungan emosional di antara sesama anggota KIR. “Untuk KIR sendiri kita sudah punya sebutan sendiri, yaitu Gencandys, yang kepanjangannya adalah Generasi Cerdas, Sopan, Trendy dan suka menulis.”

Selain itu, Wafina juga menjelaskan bahwa di tengah padatnya tugas anak-anak anggota KIR dalam melakukan berbagai riset saat ini, Fun Gathering diharapkan dapat menjadi sarana rekreasi untuk menyegarkan pikiran dan energi. “Mereka juga perlu rekreasi dan hiburan. Namun hiburannya tetap kita kemas dengan acara-acara yang edukatif dan inspiratif agar motivasi mereka dalam melakukan banyak riset tetap terjaga,” kata Wafiana.

Wafiana juga berharap agar anak-anak KIR MAN 4 Kebumen ‘ke depannya bisa lebih baik dan mampu meraih lebih banyak prestasi. Sebab, menurutnya, tahun ini dia mentargetkan MAN 4 Kebumen meraih medali emas di tingkat internasional untuk even-even lomba yang berbasis riset.

Sementara itu, menurut Ilham, salah satu anggota KIR yang saat ini duduk di kelas X IPS 1, dengan acara Fun Gathering itu dirinya bisa semakin kenal dengan anak-anak Gencandys, terutama yang sudah lama bergabung dengan KIR. “Acaranya seruh banget, dan benar-benar membuat otak saya jadi tidak terlalu tegang. Apalagi beberapa minggu ini banyak sekali penelitian. Tapi saya suka karena menantang,” ucap Ilham. (@papirose/fz/bd).