BAZNAS Kebumen Arahkan Ambal Sebagai Kampung Zakat

Kebumen – Pengelolaan zakat menjadi amanah undang-undang negara, dimana umat Islam diatur dalam menunaikan zakat agar disalurkan lewat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang keberadaannya di tingkat desa adalah Unit Pengumpul Zakat atau UPZ.

Demikian disampaikan oleh Hartono pejabat pimpinan BAZNAS Kabupaten Kebumen pada acara Safari Dakwah Gerakan Sadar Zakat, Rabu malam, 16 Februari 2022, di masjid Sabilal Huda Desa Prasutan.

Disela-sela sambutan, Hartono menyampaikan apresiasinya kepada warga Ambal khususnya Prasutan yang antusias menyambut kegiatan ini. Terlebih kepada Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) KUA Ambal yang mengkoordinasi kegiatan ini sejak Rakor BAZNAS bersama Forkompimcam  di Kembangsawit 19 November 2021 silam dengan menghadirkan seluruh kepala desa dan 3 pengurus UPZ dari 32 desa di kecamatan Ambal.

“Karena itu, Ambal layak diusulkan sebagai perintis atau pilot project,   kalau ada banyak kecamatan dengan sebutan kampung tertentu, ya untuk Ambal sebagai Kampung Zakat. Dan itu ada di desa Prasutan ini, Pak Lurah,” cetus Hartono.

Sementara itu Kepala Desa Prasutan, Waluyo Husodo dalam sambutan sebelumnya menyatakan bahwa UPZ Desa Prasutan sudah terbentuk pengurusnya dan sudah dapat SK dari BAZNAS Kebumen. Tapi, UPZ belum bisa melaksanakan tugasnya karena banyak kendala. Untuk itu dari safari ini diharapkan akan mendaoat pencerahan bagaimana memulai dan selanjutnya mengelola zakat dengan benar dan efektif sesuai dengan regulasi yang ada.

Safari Dakwah Sadar Zakat kali ke 11 ini dibarengkan dengan peringatan Isra Mikraj yang dihadiri sekitar 500 warga dari lintas tokoh dan undangan masyarakat umum. Dana penyelenggaraan acara dihandle oleh Kepala desa dan perangkatnya.

Kyai Fahrudin, SPD, MPd.I, PAIF KUA Ambal dalam pengajiannya menekankan pentingnya shalat, zakat, infak, dan sedekah sebagai bukti kesungguhan kita selaku umat Islam untuk mewujudkan pesan samawi untuk mewujudkan kesejahteraan di bumi, inti ajaran rohmatan Lil ‘alamin.

Acara dimulai pukul 21.00 sampai 23.45 dengan lancar dan sukses meskipun dalam balutan dingin dari hujan sebelumnya. Di sela-sela acara, panitia membagikan 15 bingkisan dari BAZNAS untuk 5 Sabilillah dan 10 Fakir Miskin warga Prasutan. (srs/fz/bd).