Bedah buku Menjadi Guru “Gila” Membaca dan Menulis

Kebumen – MTs Negeri 4 Kebumen kembali selenggarakan Webinar bedah buku .Acara ini diseelenggarakan pada Sabtu, (19/02) melalui Zoom Meeting. Bedah. Mengambil judul Menjadi Guru Gila Membaca dan Menulis, bedah buku kali ini mendatangkan narasumber Prof. Ngainun Na’im Guru besar STAI Tulungagung dan Ibnu Asaddudin Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Kepala MTsN 4 Kebumen H. Mahmudin dalam sambutannya menjelaskan, bedah buku ini dilaksankan dengan maksud untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya membaca dan menulis untuk guru di lingkungan kementerian Agama Kabupaten Kebumen pada umumnya dan MTsN 4 Kebumen khususnya.

Disampaiakannya, berdasarkan hasil riset dan pengembangan pendidikan nasional yang menyampaikan hasil The Program for International Student Assessment (PISA) bahwa kesadaran membaca pada tingkat pendidikan menengah pada usia 15 tahun, disebutkan bahwa Indonesia menempati ranking 71 dari 80 negara yang diteliti.

“Ini sangat memperihatinkan, dan alasan inilah yang mendorong kami melaksanakan kegiatan ini,” ungkap H. Mahmudin.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin menambahkan, menurutnya, guru adalah pembawa risalah kenabian. Tugasnya sangat mulia dan harus terus dipupuk. Tentu membaca hukumnya wajib dan demikian juga dengan menulis.

Di Sisi yang lain, Prof Ngainun Naim menyampaikan bahwa menulis itu mudah. Seperti cemilan saja. Menulis tidak perlu waktu lama , akan tetapi sedikit demi sedikit saja. Menulis itu mudah seperti anda pegang HP dan membuat status di facebook.

Acara ini dibuka oleh Bupati Kebumen yang dalam hal ini diwakili oleh Asep Nurdiana selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen. Dalam sambutannya bupati mengatakan bahwa gigitalisasi pendidikan pada akhirnya membawa perubahan besar. Kini ruang kelas bukan satu-satunya tempat belajar. Dalam hal ini guru perlu menginspirasi siswa  untuk memperkaya pengetahuan dengan beraneka ragam sumber.

 Turut hadir Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, H. Musta’in  Ahmad sekaligus memberikan motivasi guru-guru MTsN 4 Kebumen. Di sini Musta’in menekankan pentingnya kemandirian wawasan keumatan yang harus dimiliki seorang guru.  “Guru harus mandiri dalam mencari sumber keilmuan dan ilmunya harus berdampak kepada masyarakat,” pesannya.(ac/fz/bd).