FKPAI Karanganyar Ajak Takmir Masjid Sukseskan Gerakan Sadar Zakat

Kebumen – Dalam rangka mensukseskan gerakan masyarakat sadar zakat, Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Karanganyar memberikan Sosialisasi Gerakan Sadar Zakat kepada pengurus takmir dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Desa di wilayah kecamatan Karanganyar.

Kegiatan yang merupakan kerjasama FKPAI dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kebumen tersebut dilaksanakan di pendopo kecamatan Karanganyar, Selasa (22/02). Hadir sebagai narasumber diantaranya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaddudin dan Ketua BAZNAS Kabupaten Kebumen H. Bambang Sucipto serta Penyuluh Agama Islam Fungsional sekaligus koordinator FKPAI Karanaganyar, Rusminah.

Selain sosialisasi sadar zakat, pada kesempatan tersebut juga diserahkan ID Masjid kepada 45 pengurus takmir masjid diwilayah kecamatan Karanganyar. Penyerahan disampaikan langsung oleh Kepala Kankemenag Kebumen H. Ibnu Asaddudin.

Usai menyerahkan ID Masjid, dalam sambutannya Kepala Kankemenag mengatakan, dengan dimilikinya  ID Masjid, keberadaan sebuah masjid/mushola akan secara otomatis terintegrasi dengan sistem layanan pemerintah. “ada banyak manfaat yang akan diperoleh bila masjid dan musala terdaftar,” ungkapnya.

Diungkapkan lebih lanjut olehnya, salah satu manfaat dengan mendaftarkan masjid atau musala dalam Sistem Informasi Masjid (SIMAS), di antaranya yaitu memudahkan rekomendasi permohonan bantuan.

Terkait gerakan sadar zakat, Kakankemenag berharap kepada seluruh pengurus takmir dan UPZ desa yang hadir untuk ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat akan pentingnya manfaat zakat bagi kesejahteraan umat.

Kakankemenag mengharapkan agar pengumpulan zakat di Kecamatan Karanganyar lebih banyak lagi dari pengumpulan saat ini. Karena menurutnya hakikat zakat itu adalah, orang yang mampu berkewajiban membantu orang tidak mampu.

“Ajak seluruh masyarakat muslim disekitar masjid/mushola bapak/ibu yang berpenghasilan lebih, agar menunaikan zakatnya melalui BAZNAS atau UPZ,” ajak H. Ibnu.

Kakankemenag meyakini,  jika potensi zakat digali dengan sungguh – sungguh, dikelola dengan baik dan amanah akan mampu menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat. “Dan Insya Allah keinginan Bupati kita untuk mewujudkan Kebumen SEMARAK, sejahtera, mandiri, berakhlak bersama rakyat akan segera terwujud,” pungkas H. Ibnu.

Senada dengan Kakankemenag, Rusminah PAIF Karanganyar berharap melalui kegiatan ini akan terbangun sinergi yang harmonis antara Penyuluh, UPZ desa, pengurus takmir/tokoh masyarakat dan seluruh elemen di kecamatan Karanyar. Sehingga harapan selanjutnya akan terbangun kesadaran masyarakat untuk membayarkan zakatnya melalui BAZNAS atau UPZ  dengan optimalisasi spirit kebersamaan.(fz/bd).