Gandeng PWI Setempat, Kemenag Kebumen Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

Kebumen – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen (Kemenag) membekali Pelatihan Jurnalistik Dasar bagi pengelola kehumasan dilingkungannya, Senin, (14/02) bertempat di aula setempat dengan mendatangkan pemateri dari PWI Persatuan Wartawan Indonesia kabupaten Kebumen dan dan Sub Koordinator Humas dan Umum Kanwil Kemenag Jateng H. Nurzaini Wahyu Widodo.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Ibnu Asaduddin dalam sambutanya berpesan, “Pengelola humas diharapkan aktif mengirimkan berita dan akan di buat peringkat setiap bulan. Bagaimana cara membuat berita yang baik dan indah serta memberikan citra positif, akan disampaikan oleh pemateri”.

M. Tohri pemateri dari PWI Kebumen menyampaikan gambaran dasar mengenai jurnalistik. Di dalam kegiatan tersebut pemateri mengenalkan para peserta tentang jurnalistik benar-benar dari dasarnya. Dari cara berkomunikasi, teknik menulis, sampai akhirnya menjadi sebuah berita yang layak dibaca khalayak.

“Bukan hanya sekedar menulis, penulis juga harus menjadi seolah pembacanya juga. Agar tulisan yang disampaikan dapat menarik banyak orang”, ujar M.Tohri.

Materi yang sampaikan yang tidak kalah menarik yaitu  teknik dasar menulis yang di dalamnya menjelaskan struktur tulisan, penyuntingan hingga kode etik jurnalistik.

Mengangkat tema “Ketajaman Pena Kami Merawat Kerukunan Dan Mengawal Prestasi Untuk Kemaslahatan Umat”, pelatihan diikuti oleh enam puluh peserta perwakilan dari masing – masing seksi, KUA, madrasah dan pengawas serta penyuluh di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Dengan tema tersebut, diharapkan  peserta akan lebih memahami dan semangat untuk terus belajar mendalami ilmu penulisan dan jurnalistik untuk ikut merawat kerukunan umat dan mengawal prestasi di Kementerian Agama khususnya Kemenag Kebumen.(diw/fz/bd).