Hadapi PAS dan PAT, MGMP KKM MTs.N 8 Kebumen, Sharing Penyusunan Kisi-kisi dan So

Kebumen – Selasa (22/02) bertempat di MTs Negeri 8 Kebumen, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kelompok Kerja Madrasah  (KKM) MTs Negeri 8 Kebumen mengadakan kegiatan penyusunan kisi-kisi dan naskah soal Penilaian Akhir Semester (PAS) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2021/2022.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala MTs.N 8 Kebumen Muhiban sekaligus memberikan arahan mengenai kegiatan tersebut. Muhiban menegaskan bahwa soal yang dibuat hanya satu tipe tiap mata pelajaran untuk setiap tingkatan. Oleh karena itu, menurutnya kegiatan ini sangat penting dihadiri oleh setiap guru mata pelajaran agar setiap guru dapat berkoordinasi bersama tim mata pelajaran yang diampu.

Harapannya, dengan kegiatan ini nantinya materi soal PAS akan terstandar di semua MTs. di wilayah KKM MTs Negeri 8 Kebumen.

“Setiap guru mata pelajaran wajib mengikuti kegiatan MGMP pada hari ini  karena nantinya diharapkan hanya ada satu (1) tipe soal untuk tiap mata pelajaran di setiap tingkatan.” Ujarnya.

“Pengumpulan soal saya minta hari kamis, (24/02) semuanya harus jadi, jangan sampai ada soal yang telat,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muarif Mahmud Suhada yang juga menjabat Wakil Kepala Bidang Kurikulum menjelaskan, sampai dengan hari ini, Selasa (22/02) kisi- kisi soal yang terkumpul berjumlah 13 dari mata pelajaran yang ada. Untuk mapel Prakarya, Seni Budaya dan Informatika baik kisi-kisi maupun soal dibuat oleh guru masing-masing, tidak dimusyawarahkan di MGMP karena masing-masing madrasah berbeda materi yang disampaikan.

Sebagai informasi, tahun ini pelaksanaan PAS genap masih melalui daring menggunakan e-learning, akan tetapi PAS tetap dilaksanakan di madrasah pada tanggal 21-26 Maret 2022..(diw/fz).