Jaring Bibit Unggul, MAN 2 Banjarnegara Gelar Science Competition

Banjarnegara – Dalam rangka penjaringan bibit unggul, MAN 2 Banjarnegara menggelar Science Competition untuk pelajar SMP/ MTs se-Indonesia (19/2). Ridlo Pramono, Kepala Madrasah menginginkan agar siswa siswi berprestasi dari berbagai SMP/ MTs dapat bergabung dengan madrasahnya para juara ini. “Science Competition kita targetkan pesertanya mencapai 1000 orang. Juaranya kita beri hadiah dan kita mudahkan untuk masuk ke MAN 2 Banjarnegara. Kita siapkan kelas prestasi untuk mereka,” jelasnya.

Bidang yang dilombakan dalam kompetisi ini meliputi mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Saat ini pendaftaran sudah dimulai dan akan di tutup pada akhir bulan ini. Lili Maenani selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan menyampaikan tujuan dibalik kompetisi ini. “Selain untuk memotivasi siswa belajar dan berkompetisi, perlombaan ini juga dalam rangka menjaring calon siswa berprestasi,” paparnya.

Pelaksanaan M2B Science Competition (MSC) 2022 dilaksanakan secara online pada tanggal 5 Maret 2022. Kompetisi ini gratis dan berhadiah uang tunai untuk 3 terbaik masing-masing cabang lomba. 30% peserta terbaik juga mendapatkan e-sertifikat. “Pandemi bukanlah halangan untuk meraih prestasi. Ayo jangan sampai ketinggalan mendaftar. Peringkat satu akan mendapatkan hadiah uang tunai Rp 750 ribu, peringkat dua Rp 500 ribu, peringkat tiga Rp 250 ribu,” tambah Lili.

Banyak keuntungan yang di dapat jika siswa SMP/ MTs dapat menang di Science Competition ini. Pemenang akan mendapat prioritas untuk dapat diterima menjadi siswa MAN 2 Banjarnegara. Awaludin, salah satu guru yang juga Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menyampaikan bahwa jumlah pendaftar siswa baru tahun kemarin melebihi kuota. “Banyak siswa yang tahun lalu nangis-nangis karena tidak diterima. Jumlah yang mendaftar banyak, melebihi kuota. Tahun ini harus pasang strategi lagi agar yang diterima semakin berkualitas,” ungkapnya. (fn/ak/rf)