Kanit Binmas Polsek Gombong Latih Anggota Baru PKS MAN 4 Kebumen

Kebumen – Keamanan lingkungan madrasah merupakan tanggung jawab semua pihak yang ada di madrasah tersebut, termasuk pelajar. Karena itulah di setiap satuan pendidikan dibentuk Petugas Keamanan Sekolah (PKS) yang beranggotakan para pelajar. Itulah salah satu pesan yang disampaikan Kepala Unit Pembinaan Ketertiban Masyarakat (Kanit Binmas) Polsek Gombong, Aiptu Supono pada Jumat (25/02),dalam acara briefing dan latihan anggota PKS baru MAN 4 Kebumen.

Kegiatan pelatihan dan brifing dilaksanakan di halaman madrasah diikuti oleh sekitar 25 peserta didik dari kelas X sampai dengan kelas XII. Dalam acara tersebut, Supono juga menjelaskan sejarah panjang dan latar belakang berdirinya petugas keamanan khususnya di lingkungan sekolah.

“Keamanan sekolah itu bukan hanya tugasnya security, tapi tugas kalian bersama sebagai siswa-siswi di madrasah ini,” kata Supono.

Selanjutnya Supono juga menjelaskan, selain melatih baris berbaris, dirinya juga akan mengajarkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas (12 Gatur Lantas yang sangat penting dipahami oleh semua anggota PKS.

Supono berharap agar setelah anggota PKS yang baru selesai mengikuti latihan baris berbaris, pengetahuan dan keterampilan yang sudah mereka peroleh dapat dimanfaatkan dan dijadikan patokan dalam kegiatan baris berbaris di madrasah.

Kepala MAN 4 Kebumen, Muhamad Siswanto, saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa salah satu tujuan dari keberadaan PKS yang paling utama adalah melatih rasa tanggung jawab, disiplin dan kepedulian bagi peserta didik.

Dicontohkan Siswanto, salah satu tugas PKS di madrasah yaitu membantu mengatur lalu lintas ketika teman – temannya masuk atau pulang, Bagi orang yang melihat saja mungkin itu terlihat sepele. Padahal sesungguhnya manfaatnya sangat besar bagi keselamatan orang lain.

“Tugas itu bisa dilakukan kalau kita punya jiwa peduli,” ungkap Siswanto.

Sementara itu, Valdano, siswa kelas XII MAN 4 Kebumen salah satu angota PKS mengatakan kalau dirinya banyak mendapatkan pengalaman berharga dengan bergabung di PKS. Valdano yang bercita-cita ingin menjadi anggota Brimob itu juga bersyukur karena banyak mendapatkan bimbingan langsung dari aparat kepolisian. “Setelah lulus nanti saya mau mendaftar di Brimob dan alhamdulillah di PKS saya mendapatkan banyak pengalaman. Mohon  doanya ya pak,” kata Valdano.(@papirose/fz/bd).