Kemenag Kebumen Adakan Pelatihan Jurnalistik Dasar Bagi Pengelola Kehumasan Di Lingkungannya

Kebumen – Bertujuan memberikan pengetahuan bagaimana teknis penulisan berita dengan baik dan benar kepada para pengelola kehumasan dilingkungannya, Senin (14/02) bertempat di aula setempat, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar Bagi Pengelola Kehumasan.

Mengangkat tema “Ketajaman Pena Kami Merawat Kerukunan Dan Mengawal Prestasi Untuk Kemaslahatan Umat”, pelatihan diikuti oleh enam puluh peserta perwakilan dari masing – masing seksi, KUA, madrasah dan pengawas serta penyuluh di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen. Hadir sebagai narasumber diantaranya Kepala Kankemenag H. Ibnu Asaddudin, wakil ketua PWI kabupaten Kebumen M. Tohri dan Sub Koordinator Humas dan Umum Kanwil Kemenag Jateng H. Nurzaini Wahyu Widodo. Sebelumnya disampaikan laporan ketua pelaksana oleh Kasubbag TU H. Khamid.

Dalam laporannya H. Khamid menyampaikan, pelatihan ini dilaksankan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pemberitaan di lingkup madrasah negeri/swasta, KUA dan satuan kerja dilingkungan Kankemenag Kab. Kebumen.

Selain itu lanjut Khamid, setelah diberikan pelatihan para peserta diharapkan dapat mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat dan meningatkan citra positif  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen kepada masyarakat melalui publikasi.

Menguatkan apa yang disampaikan Kasubbag TU, Kepala Kankemenag H. Ibnu Asaddudin menyampaikan bahwa sesungguhnya seluruh Apartur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama pada dasarnya adalah Humas Kemenag. Hal ini menurutnya sebagaimana disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pada laman https://kemenag.go.id yang mengatakan bahwa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama (Kemenag) harus mampu mengkomunikasikan kebijakan publik.

“Maka baik buruknya citra Kementerian Agama khususnya Kabupaten Kebumen tergantung pada bapak/ibu seluruh ASN Kemenag Kebumen,” tandasnya.

Pada kesempatan tersebut H. Ibnu juga meminta kepada setiap ASN Kankemenag Kebumen harus mampu menjadi humas. “Termasuk menulis berita dan memberikan informasi yang benar terkait kebijakan dan program yang ada di Kemenag khususnya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen dan unit kerja bapak/ibu,” imbuhnya.

“Setelah diadakan pelatihan ini saya minta setiap peserta minimal dapat menulis dan mengirimkan berita minimal dua berita dalam satu bulan, dan progresnya akan kami pantau melalui humas Kemenag Kebumen,” pungkasnya.(fz/bd).