Kepala MTsN 4 Kebumen Raih Penghargaan Kepala Sekolah Berprestasi Bidang Literasi

Kebumen– Kepala MTs Negeri 4 Kebumen H. Mahmudin, S.Pd., M.Ag  mendapat penghargaan sebagai Kepala Sekolah Berprestasi di Bidang Literasi berdasarkan Keputusan Dewan Yuri penyelenggara Festival Literasi Kebumen 2021 yang puncak acaranya telah dilakasanakan di hotel Mixolie pada Jumat (25/2).

Mahmudin menyampaikan “perhargaan ini lebih pantas kami haturkan untuk Bapak Ibu guru dan Pegawai MTsN 4 Kebumen yang luar biasa” ungkapnya ketika ucapan selamat banyak diberikan  dari rekan sejawat dan para guru, pegawai madrasah.

Semangat membaca dan menulis untuk para guru dan peserta didik di MTsN 4 Kebumen memang menjadi program prioritas  Kepala Madrasah yang memiliki hobi membaca dan menulis sejak kecil ini. “Program FGD (Focus Group Discussion) bagi para guru dalam semua rumpun merupakan mimbar akademik untuk berdiskusi dan menyajikan berbagai hal terkait dengan pendidikan dan penguatan literasi yang selalu menjadi ciri khas madrasah yang dipimpinnya” tutur Mahmudin yang pernah meraih penghargaan sebagai Kepala Madrasah The Best Favorite Islamic School  of The Year dari Indonesia Achiever Centre dalam School Challenges Award saat menjadi Kepala MAN 2 Kebumen. 

Semenjak menjadi Kepala Madrasah sejak 2015-2022 disetiap tempat bertugas termasuk di MTsN 4 Kebumen Mahmudin selalu fokus pada membangun SDM unggul yang kuat literasinya, “atmosfir pendidikan yang baik yang meniscayakan seluruh warganya memiliki rasa cinta untuk membaca dan menulis, sehingga madrasah harus hadir memberikan fasilitas untuk kuat berliterasi” ungkapnya di sela sela agenda kegiatan apresiasi dan pemberian penghargaan kepada 50 siswa MTsN 4 Kebumen yang karya puisinya telah dinyatakan lolos dan dibukukan menjadi buku berjudul Antologi Puisi MTsN 4 Kebumen Selaksa Cinta untuk Negeri.

Kepala MTsN 4 Kebumen sangat mendorong para guru dan pegawai untuk terus meningkatkan literasinya, baik dengan belajar formal melanjutkan kuliah ke jenjang studi lanjut S2 atau S3 atau aktif dan terus membaca berbagai sumber pengetahuan, aktif menulis dan jangan berhenti belajar dalam berbagai situasi dan kondisi apapun.

“Selain karya siswa berupa puisi diatas, ada banyak  artikel guru dan  puisi guru yang dinyatakan lolos, ini sangat menggembirakan kami, dan menjadi penyemangat bagi civitas akademik untuk terus berprestasi di bidang literasi” ungkap Mahmudin.

“Para guru dan siswa sangat senang karena Kepala Madrasah kami sangat mendukung penguatan program literasi madrasah bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk dengan Nyalanesia, bahkan kita pernah menghadirkan Bupati Kebumen, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Guru Besar UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung untuk bedah buku dan webinar workshop Gila Membaca Gila Menulis”, ungkap Arif Nurchakim koordinator BK dan salah seorang guru pegiat literasi di MTsN 4 Kebumen.

“Dari 20 artikel guru, ada satu artikel yang tulisannya paling lengkap dan memenuhi standar ilmiah dan itu original karya Kepala Madrasah, ”tutur Arif ketika menyampaikan tentang buku artikel guru MTsN 4 Kebumen berISBN bertajuk Merajut Kata untuk Indonesia cetakan Nyalanesia,

Sekarang ini guru guru MTsN 4 Kebumen juga sedang didorong dan dimotivasi oleh kepala madrasah untuk mengikuti lomba menullis puisi  tingkat nasional bertemakan ‘Cinta’ (dapat dimaknai secara universal) dalam ajang Rayakan Cinta dalam Karya.

Selain Kepala MTsN 4 Kebumen, yang mendapat penghargaan sebagai Kepala Berprestasi di bidang literasi, MTsN 4 Kebumen juga meraih penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional 2021 dalam Puncak Festival Literasi Kebumen. Penghargaan diperoleh karena selain mampu menghasilkan 50 puisi karya siswa, juga ada 20 artikel guru dan 5 puisi guru MTsN 4 Kebumen dinyatakan lolos dalam seleksi ajang Festival Literasi Kebumen 2021 yang dilaksanakan sejak Agustus tahun lalu. (B4G-Cbr/fz/bd).