KUA Ambal Dorong Penguatan Program Sertifikasi Halal

Kebumen – Mengkonsumsi makanan halal saat ini adalah suatu keharusan mengingat begitu banyaknya jenis, model dan variasi menu sekarang ini yang berlabel halal. Demikian disampaiakan Kepala KUA Ambal, Akhmad Kheroni, S.HI pada pertemuan Kelompok Usaha Kecil Menengah (UMKM) di rumah Suwarso, Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal baru baru ini, Rabu(23/02).

Menurutnya Orang mengenal Ambal karena Kuliner Sate. Dengan potensi yang telah ada dan turun temurun ini maka KUA mendukung serta mendorong pelaku usaha kuliner tersebut untutk mengikuti Program Pemerintah tentang Sertifikasi Halal.

“Makanan halal bukan hanya ditujukan kepada orang Islam saja tapi semua manusia, hal itu tersurat dalam al Quran surat al Baqarah ayat 168; Hai sekalian Manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat dalam perut bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah langkah Syaitan; karena sesungguhnya Syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.”, ungkap Kheroni.

Dengan demikian, lanjutnya, mengkonsumsi makanan halal mendapatkan manfaat yang sangat besar diantaranya, pertama, mendapatkan ridla Allah SWT, Kedua, terjaganya kesehatan karena makanan dan minuman yang dikonsumsi bergizi dan baik bagi kesehatan badan dan yang Ketiga memiliki akhlakul karimah, karena setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan berubah menjadi tenaga yang digunakan untuk beraktifitas dan beribadah.

Dibagian lain dalam penyampaiannya Ketua Paguyuban Kuliner Sate Ambal, Wagimin, sangat menyambut positif adanya program tersebut. Acara yang diikuti dengan antusias ini, merupakan agenda rutin bulanan paguyuban sate se- Kabupaten Kebumen yang diikuti ratusan pedagang pedaganh sate, mulai dari pedagang kaki lima sampai restaurant besar seperti Rest Area H Tino.(ar/fz/bd).