KUA Gombong Bikin Kaget Pemdes Wero Dengan “KOPI PAGI”

Kebumen – Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) KUA Kecamatan Gombong, Kamis, (03/02) mengadakan kegiatan “KOPI PAGI” Koordinasi Program Integrasi Penyuluh Agama Islam ke desa Wero dan beberapa desa di kecamatan Gombong. Kopi Pagi diikuti oleh Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) dan Penyuluh Agama Islam Non PNS KUA Gombong berjumlah sembilan (9) orang.

Sebagai informasi, kegiatan Kopi Pagi kali ini adalah yang ketiga kalinya dilaksanakan, dimana Kopi Pagi pertama dan kedua dilaksanakan pada tanggal 13 & 27 Januari 2022. Pada pelaksanaannya, Kopi Pagi pertama berkunjung kantor Kecamatan, Polsek, koramil dan Puskesmas 1 Gombong. Dan yang kedua berkunjung ke kantor kelurahan / desa Gombong, Semanding, Wonokriyo, Semondo dan Kalitengah.

H. Ahmad Cholid Fikri PAIF KUA Gombong menjelaskan,  program Kopi Pagi bertujuan menjalin silaturahmi dan membangun sinergitas antara KUA, FKPAI, dan forkompimcam serta pemerintahan desa, sekaligus mengenalkan program kerja yang dimiliki oleh KUA dan Penyuluh Agama Islam Gombong.

Sehingga harapannya lanjut Cholid Fikri, kerja sama yang terjalin dapat berjalan dengan baik guna mendukung pelaksanaan program – program bersama, utamanya dalam bidang keagamaan dengan seluruh instansi dan lembaga terkait.

Menariknya tutur Cholid Fikri, Kopi Pagi ini diakui bikin kaget dan senang pemerintahan desa,  mereka terkejut dikunjungi oleh para penyuluh dari KUA Gombong yang berseragam batik coklat. Mulanya mereka mengira ada kejadian / peristiwa yang terjadi di desanya sehingga  membuat para penyuluh datang rombongan ke desanya. Tetapi setelah dijelaskan tujuannya hanya untuk silaturahmi dan ngobrol santai merencanakan program penyuluhan di desanya, mereka menjadi asyik dan menyambut dengan baik.

“Berbagai dukungan, arahan, saran bahkan kritik pun tersampaikan dalam kunjungan Kopi Pagi,” ungkap Cholid Fikri.

“Desa kami, butuh pembinaan ketakmiran dan remaja masjid. Kami mohon FKPAI KUA Kec. Gombong bisa membantu kami”, tutur Wawan Hermawan, perangkat desa Banjarsari.

“Perlu revitalisasi Program (PKK) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga.. Jika PKK desa bekerja sama dengan FKPAI KUA Kecamatan Gombong Insya Allah akan menghasilkan kegiatan yang kaya manfaat”, ungkap Mokhamad Zaenur Rokhman, Kepala Desa Wero.

Rencananya program Kopi Pagi ini akan terus berlanjut tidak hanya dengan empat belas (14) desa yang ada di Kecamatan Gombong tetapi juga dengan para tokoh agama dan tokoh masyarakat di Kecamatan Gombong.(fz/bd).