Kebumen – Berusaha menjadi sahabat bagi para siswa, Rabu pagi (02/02), Perpustakaan Darul Hikam MAN 3 Kebumen melaksanakan kegiatan literasi digital. Kegiatan ini sudah terjadwal di masing-masing kelas. Setiap paginya, kegiatan dimulai pukul 06.50 WIB s.d 07.15 WIB sehingga tidak mengurangi waktu belajar.

Kepala MAN 3 Kebumen Ahmad Sultoni menjelaskan, kegiatan literasi digital ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan minat baca di kalangan para siswa, dengan program literasi diharapkan minat membaca dilingkungan madrasah semakin meningkat.

“Rendahnya minat baca peserta didik perlu mendapat penanganan yang serius dari berbagai pihak, termasuk orang tua/wali dan pihak madrasah,” ujar Ahmad Sultoni.

“Tentunya perlu motivasi pada masing-masing individu untuk mengubah pola pikir bahwa membaca adalah kebutuhan,” imbuhnya.

Sebagai pengampu kegiatan ini adalah petugas perpustakaan, pustakawan muda, dan duta pustaka. Para Pustakawan Muda dan Duta Pustaka sebelumnya sudah dibekali dengan BIMTEK sebagai persiapan kegiatan tersebut. BIMTEK diampu oleh Hj.Siti Khomsatun Kepala Perpustakaan Darul Hikam.

Hj.Siti Khomsatun menerangkan, agenda pertama, diawali dengan penjelasan dari pengampu agar siswa menginstal aplikasi GDC di Play Store  untuk menjadi member Perpustakaan Digital GDC ( Ganeca Digital Cerdas ). Setelah menginstal GDC, siswa memfollow Perpustakaan Darul Hikam. Untuk siswa yang sudah menginstal dan memfollow tentunya sudah bisa meminjam buku-buku pelajaran maupun buku-buku ilmu pengetahuan umum.(dp/fz/bd).

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist