MTs N 3 Kebumen Studi Banding Kelas Digital di MAN 4 Kebumen

Kebumen – Sebanyak 15 orang guru MTs N 3 Kebumen pada Jum’at, 04 Februari 2022 melakukan studi banding terkait kelas digital di MAN 4 Kebumen. Kedatangan rombongan para guru tersebut disambut langsung oleh Kepala MAN 4 Kebumen, H. Muhamad Siswanto dan diterima di ruang aula MAN 4 Kebumen.

Dalam sambutannya, Muhamad Siswanto menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan para guru dari MTs N 3 Kebumen, yang sudah berkenan datang jauh-jauh dari Kutowinangun untuk silaturrahmi dan studi banding terkait pelaksanaan kelas digital yang saat ini dikembangkan di MAN 4 Kebumen.

Muhamad Siswanto menceritakan bagaimana awalnya dirinya memiliki ide untuk mengembangkan kelas digital di MAN 4 Kebumen yang menurutnya ‘sudah mendapatkan pengakuan dan apresiasi positif’ dari beberapa pihak, termasuk dari Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Jawa Tengah H.A. Saifulloh.

“Kehadiran kelas digital saat ini merupakan suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindarkan. Apalagi sejak digunakannya berbagai aplikasi pembelajaran di masa-masa pandemi. Hadirnya berbagai platform pembelajaran berbasis digital mau tidak mau harus disikapi secara kreatif oleh tiap-tiap satuan pendidikan,” tutur Muh. Siswanto.

Selain untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman, kehadiran kelas digital menurut Muhamad Siswanto juga untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih kreatif dan modern sesuai dengan eranya para pelajar yang mayoritas merupakan generasi milenial.

Sementara itu, Kepala MTs N 3 Kebumen H. Jahroni dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasihnya atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan MAN 4 Kebumen sehingga agenda studi banding dari lembaganya dapat terlaksana dengan lancar.

Jahroni mengatakan, studi banding ini sangat penting sebagai inspirasi dan motivasi bagi dirinya untuk ikut mengembangkan kelas digital di satuan pendidikan yang dipimpinnya.

Selepas acara ramah tamah, segenap rombongan dari MTs N 3 Kebumen kemudian diajak untuk meninjau lokasi kelas digital untuk melihat secara langsung praktik penggunaan kelas digital dalam proses belajar-mengajar. Dalam kesempatan tersebut, Rindang Bahtiar dan Nisa Fauziyah sebagai guru di kelas digital MAN 4 Kebumen menjelaskan sekaligus mempraktikkan penggunaan perangkat dan aplikasi pembelajaran yang digunakan di kelas digital.

Acara tersebut kemudian ditutup dengan doa bersama dan salat Asar berjamaah di Masjid Al-Ikhlas MAN 4 Kebumen. (@PapiRose/fz/bd).