MTsN 4 Kebumen Siap Sukseskan Madrasah Reform REP-MEQR 2020-2024

Kebumen  – Dalam rangka peningkatan mutu madrasah dan tindak lanjut program pasca Bimbingan Teknis (Bimtek) Rencana Kerja dan Anggaran Madrasah Berbasis Elektronik (e-RKAM) Tahun 2021, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Hj. Suwaibatul Aslamiyah yang juga selaku Tim Inti Kabupaten (TIK) hadir langsung meninjau kesiapan MTs 4.G! (sebutan MTs Negeri 4 Kebumen)  menerapkan EDM-eRKAM dan sekaligus monitoring lanjutan pelaksanaan pendampingan pasca Bimtek e-RKAM Tahun 2021  pada Jumat, (25/2).

Suwaibah, panggilan akrab Kasi Penmad mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan setiap Madrasah dapat melaksanakan dan menggunakan instrument Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sesuai dengan pedoman, serta menyusun RKAM berdasarkan hasil EDM dengan menggunakan aplikasi e-RKAM.

“Monitoring ini memastikan agar setiap madrasah mampu menginput data EDM dan RKAM ke aplikasi e-RKAM,” jelas Kasi Penmad..

Selain itu, Pelaksanaan Monitoring pendampingan pasca Bimtek E-RKAM Tahun 2021 ini bertujuan untuk memantau perencanaan dan penganggaran dalam menggunakan dana BOS madrasah yang efisien dan berorientasi pada peningaktan mutu pendidikan di madrasah.

Disambut oleh Kepala MTs N 4 Kebumen H. Mahmudin dan seluruh Tim Pengembang Madrasah (TPM). Mahmudin menyatakan bahwa madrasahnya siap mensukseskan program Madrasah REP-MEQR (Realization’s Promise dan Madrasah Educational Quality Reform) khususnya dalam penerapan system Erkam.

Selain itu madrasah yang sering menggelorakan “salam 4G!” ini juga sedang bertransformasi dan melakukan terobosan antara lain : mengubah mindset guru agar menjadi guru inspiratif di era 4.0, kegiatan ilmiah workshop dan bedah buku, refleksi tentang tanggungjawab dan komitmen bersama, menguatkan budaya literasi akademik melalui FGD, merintis Madrasah Riset, Madrasah Robotik, Madarsah Adiwiyata, Perpustakaan digital dan Kelas digital  dan mengembangkan  Islamic Boarding School (IBS) atau madrasah berasrama untuk   memberikan pelayanan prima bagi masyarakat pengguna madrasah.

Dilaporkan bahwa MTs N4 Kebumen telah mengukir berbagai prestasi antara lain dibidang oleh raga : Gazela Nabiha Naufal (kelas 9) lolos seleksi atlit Yudo Nasional dan mendapat beasiswa pendidikan atlit dari Pemprov Jawa Tengah, Virgian Listiyanto Juara Robotik ajang Asian Yunior Robotik 2021 mendapat “ Silver Prize Award.”  Firdaus Putra Pandu (siswa kelas 8) lolos seleksi Pramuka Garuda (Tingkatan Pramuka Penggalang Tertinggi Nasional), selanjutnya Guru Berprestasi Terbaik juara 1 dan Finalis The 1ST  International Simposium on Education (ISEO) 2021 atas nama Arif Nur Chakim, S. Psi dan Juara 2 melukis untuk Dharmawanita Kemenag Kabupaten atas nama Aggit Larasati, S.Pd. dan prestasi guru lainnya seperti solosong, tennis meja dll.

“Kita semua siap sukseskan Madrasah Reform REP-MEQR 2020-2024 untuk merespon tuntutan perubahan pendidikan abad 21, meski tetap harus mengukur pada kemampuan maksimal yang ada,” ujar Mahmudin.

Untuk menuju Madrasah Reform, Mahmudin berharap semoga mendapat perhatian dan dukungan berupa bantuan afirmasi untuk MTs N 4 Kebumen dari pemangku kebijakan, dalam hal ini Kemanag RI. “Kami sangat berharap dan semoga dapat segera terwujud, pungkasnya. (A1-Mhb3/fz/bd).