Observasi Lapangan, KIR MTsN 6 Kebumen Kunjungi Petani Garam

Kebumen – Sabtu (26/02/2022) tim KIR (Karya Ilmiah Remaja) MTsN 6 Kebumen yang diwakili oleh empat orang siswa bersama dua pembimbing mengunjungi petani garam di Pantai Silumut, Sidoharjo, Puring.

Ada yang berbeda dari kegiatan ekstra KIR MTsN 6 Kebumen kali ini. Biasanya, ekstra KIR dilaksanakan pada hari Senin setelah pembelajaran. Namun, hari ini KIR dilaksanakan di akhir pekan setelah pembelajaran. Pantai Silumut adalah tujuan utamanya.

Bukan untuk bersenang-senang di akhir pekan, tapi kegiatan ini adalah untuk mengorek informasi dan merumuskan permasalahan dari petani garam yang tinggal di sekitar Pantai Silumut.

Sugino, petani garam asal Sidoharjo, Puring menuturkan awal mula menggeluti usahanya. Pasang surut awal usahanya dilakoninya dengan sabar dan pantang menyerah. Tampak para siswa antusias melontarkan beberapa pertanyaan kepadanya. Sugino, menjawab pertanyaan anak dengan telaten. Sesekali  ia melemparkan humor yang diikuti tawa anak-anak. Usaha yang digelutinya sejak tahun 2018 ini telah cukup memberikan kesejahteraan untuk keluarganya.

“Kunjungan ini bertujuan untuk melatih anak menemukan permasalahan dan mengumpulkan data terkait petani garam,”kata Syarifudin pembimbing ekstra KIR. Bahkan dalam waktu dekat tim KIR ini sudah disiapkan untuk mengikuti lomba KIR tingkat nasional yang diselenggarakan secara online.

Mohamad Makhi, kepala MTsN 6 Kebumen sangat mendukung kegiatan kunjungan tim KIR ini. “Melalui kegiatan ini, anak-anak akan terlatih untuk menemukan permasalahan secara riil. Persiapkan semaksimal mungkin menghadapi lomba KIR,”pesannya. (ww/fz/bd).