Penyuluh KUA Ambal Jelaskan Parenting Islami

Kebumen – Pengasuhan anak merupakan salah satu tanggungjawab  mutlak   orang tua dalam kehidupan rumah tangga. Hal itu diungkapkan Kepala KUA Ambal, Akhmad Kheroni, melalui Slamet Riyadi Sami al Hafidz, Penyuluh Agama Islam Non PNS saat memberikan materi pada kegiatan Parenting, Rabu ( 16/2/2022), di TK Perintis desa Peneket, kecamatan Ambal.

“Diantara pesan Isro’ Mi’roj adalah menguatkan peran keluarga dalam hal pengsuhan anak, yaitu dengan meletakkan pondasi keimanan dan menghadirkan makna masjid sebagai prototipe atau gaya rumah tangga, dimana orang tua terutama ibu berperan mengasihi, mengasuh dan mengasah anak-anaknya.” ungkap Slamet.

Selanjutnya, Slamet menjelaskan desain keluarga dengan tradisi khas masjid tercermin dari makna, ketulusan, kebersamaan, kesetian dan kedamaian. Ketulusan diinspirasi dari tradisi menghilangkan hadast. Sedangkan kebersamaan dihikmahi dari praktek berjamaah. Adapun kesetian diterjemahkan diamnya rukuk dan sujud dan kedamaian dipancarkan dari kanan dan kiri makna salam.

Dibagian lain dalam sambutannya Kepala TK Perintis, Siti Alfiyah menerangkan, kegiatan yang berlangsung hari ini merupakan tindak lanjut dari MoU dengan KUA Ambal   sebelumnya.

“Diharapkan dengan acara ini  menambah banyak  pengetahuan serta memberikan manfaat  kepada seluruh  yang hadir khusunya wali murid  dalam mewujudkan generasi yang taat beribadah,” tuturnya.

Acara berlangsung  sejak pukul 09.00 – 11.15 WIB dan dikuti sekitar 30 wali murid serta seluruh pendidik dari TK Perintis Desa peneket. Kegiatan  yang bertepatan dengan peringatan Isro’ Mi’roj ini,  lebih banyak mengulas berbagai hal terkait dengan pola pengasuhan anak.(ar/fz/bd).