Peresmian Gedung Perpustakaan, Laboratoium, dan Asrama Terpadu  MTs Negeri 1 Kebumen

Kebumen – Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, didampingi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen meresmikan hasil pembangunan di MTs Negeri 1 Kebumen, Selasa (14/2).

Peresmian pembangunan meliputi gedung perpustakaan dan laboratorium serta asrama terpadu. Dalam sambutannya Bupati menyampaikan apresiasinya terhadap pembangunan di MTS Negeri 1 Kebumen. Menurutnya di era 5.0 masyarakat dituntut untuk meningkatkan pengetahuannya serta diimbangi dengan penguasaan terhadap perkembangan teknologi yang sangat pesat.

Dengan  hadirnya laboratorium dan  asrama serta perpustakaan yang modern beliau yakin bahwa ke depan SDM Kabupaten Kebumen akan menjadi kebanggaan masyarakat Kebumen. Menurutnya ini adalah bukti yang nyata yang telah dihadirkan oleh negara. 

“Terima kasih, semoga seluruh madrasah di Kabupaten Kebumen juga akan memiliki sarana dan prasarana seperti MTs Negeri 1 Kebumen,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kebumen, Ibnu Asaduddin mengatakan pembangunan ini sebagai wujud komitmen Kementerian Agama dalam memberikan fasilitas yang terbaik bagi umat di bidang pendidikan. Tidak hanya fasilitasnya, namun juga pendidikan ilmu pengetahuan, agama, serta etika sehingga dapat menciptakan siswa yang mandiri, berprestasi, hebat bermartabat, dan berakhlak mulia.

Kepala MTs Negeri 1 Kebumen, Sugeng Warjoko menjelaskan bahwa pembangunan ini berasal dari dana SBSN atau Surat Berharga Syariah Negara yang sebagian besar dananya dari Sukuk. MTs Negeri 1 Kebumen pada tahun 2020 mendapatkan bantuan dalam bentuk satu asrama senilai 5,2 miliar rupiah dan di tahun 2021 bantuan 2 asrama dan 1 unit laboratorium dan perpustakaan terpadu senilai 16,4 miliar rupiah.

Sugeng menjelaskan untuk perpustakaan pihaknya menggandeng Perpusda Kebumen untuk dijadikan perpustakaan digital. Sementara laboratorium terdiri dari berbagai macam laboratorium di antaranya laboratorium fisika, kimia, biologi, kultur jaringan, IPS, matematika, teknologi terapan, PAI, serta studio audio video. Dengan segala fasilitas yang ada tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan prestasi siswa MTS Negeri 1 Kebumen.  (Mams/fz/bd)