Praktik Prakarya, Peserta Didik MTsN 5 Kebumen Antusias Berkreasi Menyajikan Makanan

Kebumen – Kamis, 24 Februari 2022, peserta didik kelas IX.1 MTsN 5 Kebumen melaksanakan praktik penyajian makanan olahan hasil peternakan dan perikanan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pemenuhan nilai keterampilan dalam mata pelajaran Prakarya.

Dengan mempertimbangkan waktu dan kondisi maka pelaksanaan praktik hanya dikhususkan proses penyajian. Tujuannya agar anak mempunyai keterampilan sehingga anak mempunyai jiwa wirausaha dalam pengolahan makanan dengan bahan dasar hasil peternakan dan perikanan.

Evatun Baroroh selaku guru mata pelajaran Prakarya menegaskan, fokus penilaian dari kegiatan praktik ini meliputi penampilan, kebersihan, cita rasa dan kreativitas. Selain itu kekompakan dan kerja sama peserta didik juga menjadi perhatian.

Dalam pembelajaran terbatas ini, peserta didik dibuat kelompok dalam menyiapkan penilaian praktik sesuai dengan jadwal pertemuan tatap muka. Dalam satu kelompok terdiri dari 4-5 anak.  Mereka diminta untuk membawa makanan dengan bahan dasar hasil peternakan seperti daging, telur dan susu atau hasil perikanan lalu dikemas penyajiannya di kelas.

Antusiasme peserta didik dalam mengikuti penilaian praktik ini sangat tinggi. “Kami sangat senang dengan kegiatan praktik ini. Kami bisa menjadi mandiri, melatih kreativitas dan kekompakan dan sedikit bisa belajar memasak”, ujar Erdi Nogia Fitasari, salah satu peserta didik kelas IX.1.

Dengan berbagi tugas dalam kelompok seperti memotong, menyiapkan alat dan bahan, lalu plating, mereka bekerja sama mengemas penyajian makanan mereka semanis mungkin. Mereka menyajikan makanan seperti sate ayam dan ayam  goreng yang dilengkapi dengan nasi atau lontong dan minuman segar. Sebagai hiasan mereka menggunakan daun selada, tomat, wortel dan mentimun.

Bahan hasil peternakan dan perikanan dapat diolah menjadi aneka makanan yang bervariasi. Namun penyajiannya tidak kalah bervariasi karena dipadukan dengan kreasi seni dalam menata dan membuat hiasan dari bahan makanan lain. (sgy.fz/bd).