Semarak Festival Literasi, MTsN 5 Kebumen Masuk  10 Besar Nominasi Cerpen Terbaik

Kebumen – MTs Negeri 5 Kebumen menerima penghargaan sebagai Sekolah Aktif Literasi Nasional dalam ajang Festival Literasi Kebumen 2021 yang diselenggarakan oleh Nyalanesia dan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen, serta didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Dilansir dari website kebumen.gsmb-indonesia.com, Festival Literasi Kebumen 2021 adalah sebuah program pengembangan literasi sekolah/madrasah, yang memfasilitasi seluruh siswa dan guru jenjang SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK sederajat untuk dapat menerbitkan buku berISBN, mendapatkan pelatihan dan sertifikasi kompetensi, pendampingan pengembangan program literasi, serta kompetisi berliterasi paling bergengsi di tingkat Kabupaten Kebumen.

Piagam dan plakat diberikan pada Acara Puncak Festival Literasi Kebumen Tahun 2021 yang diselenggarakan pada Jumat, 25 Februari 2022 di Hotel Mexolie. Penghargaan ini diberikan setelah MTs Negeri 5 Kebumen berkontribusi dalam pengiriman karya berupa puisi, artikel serta cerpen buah pena peserta didik dan guru pada ajang tersebut yang diikuti oleh 43 sekolah se-Kabupaten Kebumen.

Pada acara puncak tersebut juga diberikan penganugerahan juara siswa tingkat sekolah atau madrasah, penganugerahan juara siswa tingkat Kabupaten Kebumen, peluncuran buku antologi sekolah, dan peluncuran buku 100 karya terbaik.

Tiga karya siswa MTsN 5 Kebumen yaitu cerpen ditulis oleh Amir Rofiq Musthofa, Nafie’ Zunnatul Maftuhah dan Laeli Khikmatul Khasanah berhasil masuk dalam 10 nominasi cerpen terbaik.

Meskipun belum memperoleh hasil sebagai juara, Muhammad Zainal Muhtadin Kepala MTsN 5 Kebumen mengapresiasi prestasi tersebut. MZ Muhtadin menyatakan bahwa Festival Literasi Kebumen 2021 sebagai ajang pembuktian untuk membiasakan warga madrasah akrab dengan dunia literasi. Karya cerpen, puisi, artikel merupakan awal kegiatan menulis, dan awal kepedulian terhadap gerakan literasi nasional.

“Keluarga besar MTsN 5 Kebumen sudah ikut berperan aktif dalam gerakan awal menulis tersebut. Sesuai dengan event Festival Literasi Kebumen, maka sangat tepat untuk pembuktian kepedulian terhadap gerakan literasi nasional. Alhamdulillah hasilnya cukup baik dan menjanjikan, untuk tahun berikutnya semoga lebih banyak karya dan partisipasi warga MTsN 5 Kebumen.”, tutur Muhtadin.

Maryani sebagai koordinator FLK di MTsN 5 Kebumen dan selaku Pembina Literasi Sekolah menyampaikan terima kasih serta rasa syukur atas prestasi yang dicapai dan mendapat apresiasi dari Kakankemenag Kabupaten Kebumen.

“Alhamdulillah, terima kasih tak terhingga kepada Bapak Kepala Madrasah yang telah mendukung kegiatan ini dari perencanaan hingga akhir kegiatan FLK berupa produk karya siswa sampai ke tangan kita. Secara pribadi dan atas nama semua peserta dari MTs N 5  mengucapkan terima kasih.”, Pungkas Maryani.(sgy/fz/bd).