Siapkan Mental Juara, MIN 1 Kebumen kirimkan 22 Siswa Terbaik di Ajang KoSSMI

Kebumen – Mencetak siswa berprestasi tidak dapat dilakukan dengan instan, MIN 1 Kebumen berupaya melakukan pembibitan siswa-siswi berprestasi bermental juara sejak dini. Sebanyak 22 siswa terpilih dari kelas 1 sampai 6 berjuang pada babak penyisihan Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI) 2022 yang dihelat oleh Abak Academy dan Surya Institute pada Sabtu (26/02).

Kegiatan berbasis online dan offline ini merupakan ajang untuk melahirkan para saintis muslim Indonesia penerus Ibnu Sina, Al Khawarizmi dan para sanitis muslim lainnya di masa depan. Selain itu, dihelatnya kompetisi ini bertujuan menumbuhkembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah Swt. tentunya dengan kompetisi yang sehat.

Kepada para siswa, H. Tamim Muhsin Pengawas Madrasah Kecamatan Kebumen mengutarakan, sebagai siswa terpilih, kalian harus mempunyai semangat fastabiqul khairat, memiliki rasa bangga sebagai anak madrasah namun tetap harus tawadu. Ia berharap ajang ini akan membawa nama baik MIN 1 Kebumen di masyarakat luas.

“Dalam kompetisi tentu ada menang ada kalah, bagi yang menang dan berlanjut ke tahap berikutnya harus tetap rendah hati dan bersyukur, bagi yang kalah tetaplah bersemangat”. demikian wejangannya kepada siswa-siswi sejenak sebelum kompetisi dimulai.

Menghadapi ajang KoSSMI ini, upaya pembimbingan intensif telah dilakukan sejak beberapa minggu. Bertindak sebagai tim pembimbing, Hikmah Sholawati dan Darwati untuk mapel Matematika serta Heni Hernawayanti dan Siti Barokah Azizatun untuk mapel IPA.

“Kami optimis siswa mampu berprestasi di ajang ini. Mereka antusias mengikuti bimbingan tiap hari meskipun teman-temannya secara bergilir belajar secara daring” kata Hikmah Sholawati, salah satu pembimbing.

Menurut peserta, soal yang ia hadapi sulit dikerjakan, “Materinya sangat sulit, bahasanya sulit dipahami, sehingga saya perlu berfikir keras waktu mengerjakan soal” kata Dirga Arsyad Ramdhani, salah satu peserta. Meski demikian Dirga merasa mampu mengerjakannya.

Sementara itu, Hj. Widyastuti, M.Pd. kepala MIN 1 Kebumen mengungkapkan kebanggaannya pada tim pembimbing yang giat dan telaten mengasuh anak-anak untuk selalu berprestasi”. Ia mendoakan hasil terbaik untuk seluruh siswa-siswinya yang sedang berlaga.  “Semangat untuk siswa-siswi hebat MIN 1 Kebumen, semoga berlanjut ke tahap-tahap berikutnya dan menjadi yang terbaik” demikian pungkasnya.(dw/fz/bd).