Sinergi MAN 1 Kebumen dan Puskesmas Kebumen III Adakan Penjaringan Kesehatan Untuk Siswa

Kebumen – Upayakan peningkatan derajat kesehatan anak usia sekolah, Puskesmas Kebumen III dibantu PMR (Palang Merah Remaja) Wira 12 Mansa (MAN 1 Kebumen) Sabtu (19/02) melaksanakan kegiatan penjaringan kesehatan bagi peserta didik. Kegiatan dilaksanakan di salah satu ruang kelas MAN 1 Kebumen diikuti oleh 129 siswa kelas X.

Kepala Madrasah MAN 1 Kebumen H. Sodikun sangat mengapresiasi kegiatan penjaringan kesehatan ini. Menurutnya, disaat pandemi Covid-19 seperti saat ini kesehatan adalah faktor utama untuk menjaga imunitas tubuh.

 “Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini siswa termotivasi menjaga kesehatan seperti apa yang telah disampaikan oleh petugas kesehatan dari Puskesmas Kebumen III”, terangnya.

.Tahap awal PMR WIRA melakukan pemeriksaan pengukuran tinggi badan dan berat badan, ini dilakukan untuk dievaluasi apakah siswa tersebut termasuk katagori gemuk, kurus atau katagori normal. Karena kegemukan adalah faktor utama penyakit-penyakit tidak menular penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Suripah selaku Koordinator tim penjaringan kesehatan dan pemegang program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) Puskesmas Kebumen III  menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka pemeriksaan kesehatan bagi siswa. Tahapan pemeriksaan tersebut meliputi pengukuran tinggi dan berat badan dilanjutkan mata, telinga, gigi dan mulut, kebersihan diri serta status gizi siswa. “Setelah siswa sudah melewati tahapan pemeriksaan tersebut, jika ada yang kondisinya memiliki masalah kesehatan akan kami rujuk ke fasilitas kesehatan terdekat”, terangnya.

Menurutnya, penting bagi pihaknya memastikan peserta didik dapat menyelesaikan pendidikan tanpa gangguan kesehatan. “Sebagai generasi muda siswa harus selalu menjaga kesehatan, jangan jajan sembarangan, bijaksana dalam pemakaian gadget karena berbahaya bagi kesehatan mata”, pesan Suripah.

Program pemeriksaan kesehatan yang terkelola dengan baik dan terarah akan mewujudkan madrasah yang sehat, terutama siswa yang sehat. Dengan kesehatan yang terjaga siswa lancar dalam mengikuti pembelajaran setiap hari.(tt/fz/bd).