Upacara Pengambilan Badge Ambalan Pramuka dan PMR MAN 4 Kebumen

Kebumen – Sekitar 250 pelajar MAN 4 Kebumen yang tergabung dalam keanggotaan Pramuka Penegak dan PMR Wira melaksanakan upacara pengambilan Badge Ambalan pada Jum’at, 18 Februari 2022. Upacara dilaksanakan di halaman MAN 4 Kebumen dan dihadiri oleh Kepala MAN 4 Kebumen sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Muhamad Siswanto. Turut hadir pada kegiatan ini beberapa alumni MAN 4 Kebumen yang pernah menjabat sebagai Dewan Pramuka dan PMR.

Dalam sambutannya Siswanto menyampaikan, dengan dilaksanakannya kegiatan pengambilan Badge Ambalan ini menandakan bahwa semua anggota Pramuka dan PMR di lingkungan MAN 4 Kebumen sudah memiliki kewajiban menjalankan sekian tugas dan tanggung jawabnya dengan sebaik mungkin.

“Saya minta anak-anak Pramuka dan PMR MAN 4 Kebumen banyak mengikuti berbagai even lomba dan kompetisi untuk meningkatkan keterampilan dan pengalamannya. Kita harus bekerjasama menjadikan madrasah ini sebagai madrasah yang maju dan berprestasi dalam berbagai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional,” kata Siswanto

Siswanto juga mengingatkan agar selama pelaksanaan kegiatan pengambilan Badge Ambalan itu jangan sampai terjadi tindakan kekerasan.

“Kalian tetap harus menjaga akhlakul karimah dengan sesama. Membentuk sikap disiplin itu penting namun jangan sampai dengan cara-cara kekerasan,” pesannya.

Bahkan Siswanto menegaskan kalau dirinya tidak akan mentolelir jika sampai terjadi tindakan kekerasan di lingkungan MAN 4 Kebumen, apalagi tindakan yang mengarah pada pelecehan seksual dan sebagainya.

Sementara itu, Waka Kesiswaan MAN 4 Kebumen, Asmara Wijaya dalam sambutannya pada acara penutupan kegiatan mengingatkan agar anggota Pramuka dan PMR yang sudah mengikuti acara pengambilan Badge Ambalan selalu berusaha menjaga sikap disiplin, dan tanggung jawabnya.

 “Kalian semua di sini dilatih agar menjadi pribadi yang memiliki mental kuat, berprestasi, berakhlak mulia dan peduli pada sesama. Itulah tugas Pramuka dan PMR sebagaimana juga itu menjadi visi madrasah kita tercinta ini,” ungkap Asmara. (@papirose/fz/bd).