Urgensi Kesehatan Haji Di Masa Pandemi Covid-19

Kebumen – Para jamaah harus menerapkan protokol kesehatan, menjaga kondisi kesehatan mulai dari sebelum berangkat, saat menjalankan ibadah dan sampai kembali ke tanah air. Demikian disampaikan Diyah Reni Asih dari Tim Kesehatan Haji Kecamatan Kebumen. ketika memberikan materi Urgensi kesehatan bagi calon jamaah haji di masa pandemi Covid-19 pada Manasik Haji Sepanjang Tahun KUA Kecamatan Kebumen.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Rabu (23/02) di Masjid Agung Kauman Kebumen, diikuti oleh 250 Calon jamaah haji kecamatan Kebumen.

Lebih lanjut Diyah Reni Asih menyampaikan bahwa penyelenggaraan manasik kesehatan ibadah haji tahun 1443 H / 2022 di masa pandemi bertujuan memberikan pembinaan, pelayanan dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jamaah haji sehingga dapat menunaikan ibadahnya sesuai ketentuan ajaran agama.

“Kebugaran jasmani bagi calon jamaah haji sangat penting, mengingat  pelaksanaan ibadah haji membutuhkan kesiapan fisik yang prima, karena mengandung aktivitas fisik yang lebih berat dari kegiatan sehari-hari terlebih dalam kondisi covid-19 yang belum berakhir, terang Diyah Reni Asih.

Pada kesempatan yang sama, Aim L Hakim, Narasumber kedua, juga menyampaikan pentingnya menjaga imun agar tubuh tetap vit, melakukan vaksinasi dan imunisasi sebelum berangkat haji. Hal itu sebagai upaya preventif terhadap Covid-19.

Sementara itu, H. Waliman, Kepala KUA Kec. Kebumen menekankan kepada calon jamah haji akan pentingnya kesehatan, sebab kesehatan termasuk istitha’ah haji disamping perjalanan yang aman dan mampu dari segi biaya.(Ans/fz/bd).