Daki Pegunungan, KUA Buayan Lakukan Demi Menyapa dan Membina Masyarakat

Kebumen – Jum’at 11 Maret 2022, Fatachul Chusen Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Buayan, menatap dengan penuh semangat ke pegunungan daerah tertinggi di wilayah Kecamatan Buayan. Saat perjalanan menuju Desa Wonodadi bersama Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Non PNS.

Bertempat di Masjid Darussalam dukuh Blanakan RT. 01 RW. 01 Desa Wonodadi, Kepala KUA bersama Penyuluh menyapa langsung masyarakat dan melaksanakan Pembinaan Keluarga Sakinah. Kegiatan yang terus dilaksanakan sebagai upaya peningkatan pemahaman tentang pentingnya menjaga keharmonisan dalam berumah tangga sehingga tercipta Baldatun thoyibun warabbun Gafur.

Kepala KUA Kecamatan Buayan menyampaikan dalam sambutannya bahwasanya KUA memiliki tugas dan peran yang sangat banyak yaitu mengurusi semua manusia, baik yang beragama Islam maupun yang non muslim. ‚ÄúDari mereka belum ada sampai manusia itu meninggal KUA pun ikut andil melayani” ujarnya.

“Dimulai ketika seseorang mau menikah, KUA hadir memberikan Bimbingan Perkawinan (BImwin) kemudian menikahkan, setelah nikah kami pun terus berupaya membinanyanya hingga menjadi keluarga yang sakinah, Mawadah dan warrahmah” jelasnya.

Keterangan tersebut dikuatkan pula oleh Miftach, Penyuluh Agama Islam Fungsisonal dalam ceramahnya. Disampaikan, baik buruknya seuatu Negara itu tergantung pada wanita, karena darinya nanti akan lahir generasi – generasi bangsa ini.

“Semua itu Alhamdulillah sudah terus diupayakan juga oleh Kepala KUA Kecamatan Buayan bersama Penyuluh Agama Islam, dengan adanya Binwin bagi calon pengantin, dan Pembinaan Keluarga Sakinah bagi orang – yang sudah menikah” tuturnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh Muslimat NU dan Fatayat Ranting Desa Wonodadi, hadir pula koordinator lapangan balai penyuluhan keluarga berencana Kardisun, serta perangkat desa dan beberapa tokoh agama. Ini membuktikan bahwa banyaknya stakeholder yang mendukung akan program – program KUA. Dengan tujuan bersama agar Buayan menjadi lebih baik. (es/fz/bd).