Dorong Siswa Cinta Literasi, MTsN 8 Kebumen Adakan Lomba Cerpen

Kebumen – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT), MTs Negeri 8 Kebumen menyelenggarakan lomba menulis cerita pendek (cerpen) untuk para siswa. Kegiatan pengumpulan naskah berlangsung pada hari Senin dan penilaian juri pada hari Selasa (15/03). Lomba cerpen ini diadakan dalam rangka mendorong siswa cinta Literasi dan menumbuhkan minat tulis para siswa.

Kepala Madrasah Muhiban menyampaikan pentingnya literasi bagi siswa, dengan terus belajar dan berlatih menulis, khususnya cerita fiksi (cerpen). “Menulis sangat penting dibudidayakan dan diwariskan sejak dini pada kalian. Karena ketika sejak dini sudah dilatih dan dibiasakan untuk berpikir dan berimajinasi dengan menulis, maka otaknya kalian akan terbiasa untuk diajak berpikir dan menggarap ide-ide cemerlang sampai ia dewasa dan lansia nantinya.” Katanya.

“Lebih-lebih kalian merupakan generasi emas di tahun 2045. Kalianlah yang akan memimpin dan mengisi pembangunan di negeri tercinta Nusantara. Teruslah menulis anak-anakku.” Terangnya lebih lanjut.

Dalam rangka mengembangkan potensi siswa secara utuh, melalui kegiatan lomba ini madrasah memfasilitasi secara optimal agar peserta didik bisa menemukan, mengenali dan mengembangkan potensinya.

Hj. Suharti salah satu guru Bahasa Indonesia sekaligus juri menulis cerpen juga memberikan dorongan yang sama kepada para siswa. Ia memberikan dorongan dan semangat agar kegiatan literasi terus berjalan di madrasah. “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa gerakan literasi sering diartikan  sebagai kegiatan membaca saja tapi sebenarnya lebih luas lagi termasuk menulis, mengenali dan memahami ide-ide visual untuk menambah pengetahuan dan keterampilan”jelasnya.

Sebanyak 120 siswa perwakilan dari kelas MTs Negeri 8 Kebumen mengikuti lomba menulis cerpen ini. Kegiatan lomba cerpen dinilai oleh juri yang kompeten dibidangnya. Para juri akan menentukan juara 1, 2, 3 dan harapan 1, 2, 3. Naskah yang masuk nominasi kelak akan diterbitkan dalam bentuk antologi cerpen. (diw/fz/bd).