Fungsi Sosial Masjid Sebagai Sumber Kemaslahatan Ummat

Kebumen – Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga diharapkan berfungsi sebagai sumber kemaslahatan ummat. Demikian disampaikan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni Kamis ( 24/3), saat memberikan sambutan pada acara peletakan batu pertama pembangunan masjid Nurul Huda komplek SMKN 1 Ambal.

Menurut Kheroni, masjid Nurul Huda yang hari ini mulai dibangun, diharapkan nantinya bisa difungsikan sebagaimana fungsi masjid pada era Rosulullah. “Salah satu fungsi di era Rosulullah diantaranya, masjid sebagai sarana pembinaan iman, pembinaan masyarakat islam dan pengokohan ukhuwah islamiyah.” jelasnya.  

Dan dalam mewujudkan fungsi  tersebut, pembinaan managemen masjid perlu diselenggarakan secara terintegrasi, dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat, imbuhnya

“Harapan besar lainnya, masjid  Nurul Huda ini bisa berfungsi dan  mampu memberikan kontribusi bagi kesejahteraan jamaah dan masyarakat sekitarnya  sebagai contoh misalnya, dengan memfungsikan masjid sebagai pusat  pemberdayaan ekonomi umat.” tandasnya.

Dibagian lain dalam penyampaiannya, Camat Ambal, Bambang Budi Sanyoto meminta pengelola masjid dalam hal ini takmir, bisa  mengoptimalkan fungsi masjid  baik sebagai tempat ibadah maupun fungsi peran  sosial masyarakat, sehingga hablum minallah dan Hablum minannas nya bisa berjalan beriringan.  

Dalam kesempatan yang sama Kepala Sekolah SMKN 1 Ambal, Budiyanto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril dan , materiil dan spirituil sehingga hari ini peletakan batu pertama pembangunan masjid Nurul Huda bisa terlaksana. Harapan besar kami dengan berdirinya masjid Nurul Huda bisa dipergunakan sebagai madrasah terkhusus kepada jajaran guru, staf dan siswa siswi  SMKN 1 Ambal serta masyarakat umumnya untuk menerima pengajaran Islam yang rahmatan  lil ‘alamin.

Acara yang diikuti tamu undangan dari  lintas sektoral  berlangsung antusias dan hidmat. Turut serta menghadiri, utusan dari  Koramil, Kades Ambalresmi, Komite sekolah, Tokoh masyarakat serta guru dan staf SMKN Ambal I.(ar/fz/bd).