Gali Potensi Seni dan Olahraga Siswa, KKMI Kecamatan Kebumen Gelar AKSIOMA 2022

Kebumen – Peningkatan mutu pendidikandi tingkat madrasah ibtidaiyah terus diupayakan, Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Kebumen selenggarakan AKSIOMA (Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah) tahun 2022. Sebanyak 15 cabang perlombaan dipertandingkan mulai tanggal 2 sampai 3 Maret 2022. Perlombaan dilangsungkan di beberapa lokasi yakni MIN 1 Kebumen, GOR Sarana Guna, Lapangan Sepak bola Tamanwinangun, dan Lapangan Islamic Centre. Untuk menghindari kerumunan, penyelenggaraan AKSIOMA diselenggarakan tanpa upacara pembukaan dan penutupan.

Ketua Panitia, Hj. Widyastuti menyampaikan, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan solidaritas dan eksistensi sesama madrasah, menumbuhkan minat, bakat, dan potensi peserta didik di Kecamatan Kebumen khususnya dan di dunia pendidikan nasional pada umumnya. Peserta kegiatan adalah siswa MIN dan MIS se kecamatan Kebumen kelas 4, 5, atau 6 tahun pelajaran 2021/2022. Adapun dewan juri diambil dari dalam dan luar lingkungan madrasah.

“Delegasi madrasah mayoritas diisi siswa kelas 6, harapannya para juara dari tingkat ini akan mendapat sertifikat yang membantu mereka saat mendaftar  ke jenjang pendidikan berikutnya”. demikian disampaikan Widyastuti.

Berbeda dengan yang lain, khusus MI Al Mukaromah Kebumen hanya mengirimkan siswa kelas 1 dan 2. Widyastuti menyampaikan apresiasinya untuk MI Al Mukaromah, yang  tetap mengirimkan peserta didiknya meskipun baru memiliki dua tingkat rombongan belajar.

Rakhmat Hidayat Kepala MI Al Mukaromah mengatakan, “MI kami berdiri tahun 2020 dan ini kali pertama mengirimkan siswa ke ajang perlombaan”. Siswa yang dikirimkan sejumlah 23 peserta didik dari kelas 1 dan 2 untuk hampir semua cabang yang diperlombakan. Ia mengaku keikutsertaan MI yang dipimpinnya untuk menambah pengalaman peserta didik dan melatih mental siswa meskipun harus bertanding dengan kakak kelas yang usianya jauh diatasnya. “Jika juara, itu bonus” demikian ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pendidkian Madrasah Kantor Kementerian Agama Kebumen Hj. Suwaibatul Aslamiyah yang turut hadir memantau pelaksanaan Aksioma berpesan kepada seluruh panitia dan peserta agar melaksankan lomba dengan penuh sportifitas. “Juara itu hanya satu, laksanakan lomba dengan penuh sportifitas, yang penting kita sudah berikhtiar,” pesannya.

“Bagi yang belum bisa menjadi juara, kalian tetap juara di hati Bunda,” katanya.

Panitia telah menyiapkan 30 set trophi kejuaraan putra-putri untuk lomba ceramah bahasa Indonesia, Jawa, Inggris, dan arab, puisi, solo song, murottal, tahfidz, tenis meja tunggal dan ganda, tenis meja tunggal dan ganda, bulutangkis tunggal dan ganda, panahan, lari cepat, serta catur. Para juara 1 nantinya akan dikirimkan ke ajang AKSIOMA tingkat Kabupaten yang akan dilangsungkan tanggal 9 Maret 2022 di MIN 4 Kebumen. Diharapkan semua kegiatan perlombaan di tingkat MI dapat selesai sebelum bulan Ramadhan agar semua siswa dapat khusu’ menjalankan Ibadah di bulan suci.(dw/fz/bd).