Gelar Latihan Manasik Haji dan Umroh MTsN 2 Kebumen gandeng Fatimah Az-zahra

Kebumen – Rabu, (02/03) MTS Negeri 2 Kebumen menggelar kegiatan manasik haji dan umroh bekerjasama dengan Fatimah az-zahra di Semarang. Peserta terdiri dari siswa kelas 8 dan kelas 9 MTsN 2 Kebumen.

Rombogan tujuh bus berangkat dari Kebumen jam 06.30 WIB sampai di Fatimah Azzahra Semarang pukul 12.30 WIB dan melaksanakan manasik haji didampingi tim manasik dari Fatimah Azzahra.

Manasik haji dan umroh dimulai dari kegiatan niat Ihram dan Haji atau umrah dibimbing untuk melaksanakan niat Haji dan umrah sekaligus berdoa supaya benar-benar dapat melaksanakan haji dan umroh. Kemudian dilanjutkan dengan towaf di Kakbah yag miniaturnya disediakan oleh Fatimah Azzahra lengkap dengan Hajar Aswad, Hijir Ismail dan Maqam Ibrahim. Siswa juga dimbimbing melafalkan doa-doa selama thawaf dan kegiatan-kegiatan yang disunahkan dalam thawaf. Setelah selesai thawaf siswa diajak minum air zamzam menuju Mas’a (tempat sai) dan dibimbing melaksanakan Sa’i.

Sa’i adalah kegiatan lari-lari kecil sebanyak tujuh kali lari kecil dari bukit sofa menuju Marwah dan sebaliknya.

Lalu siswa diajak menuju replika Arofah dan mendapakan penjelasan bermalam di Muzdalifah, Mina dan Arafah. Siswa juga dibimbing melempar jumrah di miniatur jamarot. Melempar Jumrah Ula, Jumrah Wustha dan Aqabah siswa tampak bersemangat,karena digambarkan syetan saat melempar jumrah.

Setelah rangkaian rukun dan wajib haji dilaksanakan, siswa diajak masuk miniatur masjid Nabawi. Semua miniatur terkait pelaksanaan haji dan umroh tersedia di Fatimah az-zahra. Mulai dari miniatur Ka’bah, rumah atau tempat dari Pak Arofah, pasar Seng, Masjid Nabawi termasuk roudhoh di dalam masjid Nabawi disediakan oleh Fatimah az-zahra.

Kegiatan manasik secara lengkap menghabiskan waktu selama 1 hampir 2 Jam pelaksanaan kemudian dirangkai dengan kegiatan study tour. Sebelumnya para siswa berwisata di obyek wisata Dusun Semilir di Bawen. Siswa nampak sangat antusias dan bersemangat mengikuti di sini karena terdapat banyak spot foto dan wahana wisata.  

Turut aktif memantau dan memotivasi siswa, kepala MTs.N 2 Kebumen H. Sugeng Purwanto dan guru-guru pendamping. “Saya berharap kegiatan manasik haji ini akan dapat meningkatkan dan memahamkan siswa tentang pelaksanaan proses ibadah haji dan umroh beserta dengan pengenalan miniatur miniatur Ka’bah di Masjidil Haram ke Masjidil Nabawi, pengeluaran tenda-tenda di Arofah dan Mina dan segala sesuatu yang terkait dengan pelaksanaan ibadah haji dan umrah.  Semoga siswa dapat memahami dan menghayati prosesl manasik haji ini dan menimbulkan kecintaan untuk pergi haji dan umrah”. harap Sugeng Purwanto. (Brs/fz/bd).