Gerbas Catu, Gerakan Literasi MIN 1 Kebumen

Kebumen – Kemampuan vital yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi cepatnya perubahan di era disrupsi diantaranya literasi. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah yang dihadapi siswa baik di dalam maupun di luar madrasah.

Menyadari hal tersebut, MIN 1 Kebumen mengadakan program literasi bernama Gerbas Catu (Gerakan Baca Sabtu Ceria dan Bermutu). Program mingguan ini dilaksanakan Sabtu (12/3) di lingkungan MIN 1 Kebumen.

Hj. Widyastuti, Kepala MIN 1 Kebumen menyambut positif program yang diadakan perpustakaan Baitul Hikmah ini. Kepada para siswa ia menyampaikan bahwa membaca mampu membuka jendela dunia.

“Dengan Gerbas Catu, saya harapkan kalian jadi senang membaca buku sehingga ilmu dan wawasan bertambah” katanya.

Ia juga menghimbau kepada warga madrasah, agar setiap hari membaca buku dan menganggapnya sebagai kebutuhan seperti makan sehari-hari. “Jika sehari belum membaca buku, kita merasa ada yang kurang, sama seperti sehari tidak makan,” demikian ia mengibaratkan.

Kepala perpustakaan Baitul Hikmah, Supriyono menyampaikan, program mingguan Gerbas Catu dibuat untuk meningkatkan minat baca anak-anak, guru dan karyawan agar bertambah wawasan dan pengetahuannya. Ia menuturkan, tujuh ratusan orang pemustaka terdiri dari siswa, guru dan karyawan  MIN 1 Kebumen dilayani oleh 11 orang pustakawan Baitul Hikmah. “Karena jumlah siswa guru dan karyawan yang banyak, maka mereka bisa membaca di mana saja, yang penting bisa membaca dengan nyaman” demikian tuturnya.

Supriyono menambahkan, sekali sepekan secara serentak seluruh civitas akademika MIN 1 Kebumen  membaca buku baik fiksi maupun non-fiksi selama setengah jam sebelum pembelajaran dimulai. Tempat membaca bisa di mana saja, di perpustakaan, di bangku ruang baca terbuka. Di bawah pohon, di musholla, di ruang guru, di kelas, di teras kelas, bahkan di halaman madrasah.

Perpustakaan Baitul Hikmah telah diakreditasi oleh Assesor dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dengan predikat “A” pada tahun 2021. Dengan hasil ini, perpustakaan kebanggaan MIN 1 Kebumen ini juga menjadi rujukan perpustakaan madrasah di luar kabupaten Kebumen.

 Tidak kurang dari 27491 eksemplar buku cetak dan ratusan e-book disediakan untuk menunjang budaya litesasi. Sebagai penunjang, fasilitas perpustakaan dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman, ruang audio visual dan ruang IT, serta gudang yang rapi untuk menyimpan koleksi-koleksi lama.(dw/fz/bd).