Guru MIN 1 Kebumen Isi Ramadan dengan Muqaddaman

Kebumen – Ramadan adalah bulan berkah berlimpah pahala. Salah satu ibadah yang dianjurkan karena keistimewaannya adalah membaca al Quran. Bahkan hampir semua muslim di dunia menargetkan khatam Al Quran minimal satu kali sepanjang Ramadan. Tak terkecuali, kepala, guru, dan karyawan MIN 1 Kebumen.

Setelah menyelesaikan tugas pokok dan fungsinya melayani siswa, pada jam istirahat mereka salat zuhur berjamaah dilanjutkan dengan tadarus al Quran. Rabu (6/3). Kegiatan tadarus dimulai dengan cara muqaddaman. Muqaddaman merupakan prosesi membaca al Quran secara bersama-sama dalam satu waktu dimulai dari juz 1 sampai juz 30.

“Sebenarnya, muqaddam artinya mengajukan. Dalam hal ini, mengajukan bacaan al Quran sebanyak satu juz. Tapi, untuk lebih afdalnya, kita buat menjadi kelompok kecil agar ada yang membaca dan menyimak.” Terang H. Khas Khasol Khaq salah satu guru MIN 1 Kebumen.

Kepala madrasah, Hj. Widyastuti menyampaikan bahwa padatnya aktivitas dan kesibukan dinas jangan sampai melupakan hablumminallah. “Ini menjadi tradisi yang baik dalam mengisi bulan Ramadan. Sehingga waktu istirahat yang kita miliki benar-benar bermanfaat dan mendapat pahala yang berlimpah.” tambahnya.(dw/fz/bd).