Hadapi Pembelajaran Digital Abad 21, MAN 1 Kebumen Gelar Pelatihan Office 365

Kebumen – Perkembangan dunia digital saat ini berkembang sangat cepat, termasuk juga dunia pendidikan. Pendidikan yang sesuai pada abad 21 adalah pendidikan yang mengintegrasikan antara kecakapan, pengetahuan, keterampilan, dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi informasi. Guru sebagai pendidik dituntut harus mampu merubah lingkungan belajar yang konvensional menjadi pembelajaran digital berbasis internet agar menari dan bisa diterima peserta didik.

Menyikapi hal tersebut, MAN 1 Kebumen mengadakan Pelatihan Pembelajaran Digital Abad 21 dengan Office 365. Pelatihan dilaksanakan di GOR MAN 1 Kebumen selama delapan hari 12-19 Maret 2022 dan diikuti oleh 67 guru.

Peserta tampak antusias mengikuti pelatihan Office 365 dengan narasumber Pangarso Yuliatmoko Pengawas SMK di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Pendidikan dan Kebudayaan Provisnsi Jawa Tengah. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen yang dalam hal ini diwakili Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Hj. Suwaibatul Aslamiyah. Adapun narasumber lainnya yaitu Pengawas Madrasah  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Hj. Sriwi Rahayu.

Kepala MAN 1 Kebumen H. Wachid Adib dalam sambutannya menyampaikan, saat ini guru harus mempersiapkan diri dengan kecakapan digital dalam menghadapi tantangan global khususnya era digitalisasi di dunia pendidikan. “Semoga terlaksananya pelatihan Office 365 ini dapat menunjang konsep kelas digital di MAN 1 Kebumen”, harapnya.

Dalam pelatihan tersebut Pangarso Yuliatmoko yang juga bertugas sebagai Microsoft Innovation Educator Expert (MIEE) menjelaskan, dengan menggunakan Office 365 kita bisa bekerja lebih mudah, efisien dan cerdas.  Hal ini karena Office 365 telah didukung intelligent apps seperti Smart Lookup, Tell Me, Designer, dan Morph

“Office 365 sangat memudahkah penggunanya dengan adanya fitur share point yakni aplikasi yang digunakan untuk bertukar informasi dan membuat perubahan pada pekerjaan secara tim”, terangnya

Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Hj. Suwaibatul Aslamiyah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap MAN 1 Kebumen dapat lebih unggul dari MAN maupun MA lainnya di Kebumen.

Dia juga berharap semoga setelah mengikuti pelatihan ini guru mengalami peningkatkan penguasaan media digital untuk pembelajaran. Pembelajaran di MAN 1 Kebumen menjadi lebih kreatif dan inovatif melalui media digital, sehingga akan membawa dampak positif bagi peserta didik dalam memanfaatkan perangkat digital dan meningkatkan prestasi mereka.

“Kegiatan ini sangat berkontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan mendukung program madrasah digital yang sedang dikembangkan Kementerian Agama Republik Indonesia,” pungkasnya.(tt/fz/bd).