Ikhtiar Lahir Batin, Mujahadah Pagi MIN 1 Kebumen

Kebumen – Kecakapan hidup religius dan pendidikan karakter adalah modal penting bagi siswa. Karakter religius merupakan salah satu visi MIN 1 Kebumen yang secara terus menerus ditanamkan melalui berbagai kegiatan.

Di antara kegiatan tersebut adalah mujahadah yang dilaksanakan di halaman madrasah, Jum’at (11/03). Mujahadah dan doa bersama ini, diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6 beserta para guru dan karyawan. Mereka bersama melantunan bacaan Tahlil, Surat Yasin, dan Asmaul Husna. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap Jum’at selama tidak ada halangan khusus. Jika cuaca hujan, mujahadah dilaksanakan di aula.

Mujahadah dilaksanakan untuk memohon kelancaran dan kesuksesan agenda-agenda di MIN 1 Kebumen. “Ikhtiar lahir kita lakukan dengan belajar, berlatih, dan bekerja dengan ungguh-sungguh, termasuk menjaga kesehatan” terang Hj. Widyastuti, kepala MIN 1 Kebumen, selesai acara.

“Setelah ikhtiar lahir, hasilnya kita pasrahkan pada yang maha menentukan, Allah Swt. Kita berdoa, bermunajat memohon agar ikhtiar atau usaha kita diridloi, diberkahi, dan dikabulkan,” sambungnya.

Sebelum pandemi, mujahadah diikuti oleh semua siswa dari kelas 1 sampai kelas 6. Mengingat situasi masih belum memungkinkan, peserta dibatasi kelas 4 sampai kelas 6 saja. Meski kehadiran berkurang 50%, namun halaman tetap terasa penuh namun tetap menjaga jarak. Diwaktu bersamaan, kelas 1, 2, dan 3 membaca doa dan Asmaul Husna di kelas dibimbing  guru kelas masing-masing.(dw/fz/bd).