Jelang Ujian Madrasah, Kepala MAN 3 Kebumen Beri Pesan Khusus Siswa Kelas Dua Belas

Kebumen – Menjelang dilaksanakannya Ujian Madrasah tanggal 17-28 Maret 2022, Kepala MAN 3 Kebumen Ahmad Sultoni, S.Pd.I, M.Pd memberikan pesan khusus kepada siswa kelas dua belas. Pesan tersebut disampaikan pada saat menjadi pembina apel pagi, Senin (14/03) di lapangan setempat.

Dalam pembinaannya, Ahmad Sultoni mengungkapkan bahwa ujian madrasah ini adalah penentuan kelulusan bagi siswa kelas dua belas.

“Bapak dan ibu guru karyawan mendoakan kalian semua lulus Ujian Madrasah dengan lancar. Tetapi untuk bisa lulus, kalian harus bersungguh-sungguh dalam belajar, mengerjakan ujian, dan menjaga kesehatan,” ujarnya.

Kepala Madrasah juga memberikan lima pesan khusus yang harus diperhatikan dan dilaksanakan siswa siswi kelas dua belas. Mengutip dari pesan Lukman Hakim kepada anak-anaknya, pesan-pesan tersebut adalah jangan pernah mempersekutukan Allah, setiap perbuatan ada balasannya, jangan lupa mendirikan sholat, tidak sombong, dan bersifat sederhana.

Usai pelaksanaan apel, siswa kelas dua belas mendatangi Kepala Madrasah, bapak dan ibu guru, karyawan seraya memohon maaf dan doa restu. Isak tangis mewarnai kegiatan ini. Tak sedikit siswa meneteskan air mata saat meminta maaf dan memeohon doa restu. Tak hanya siswa, para guru pun tidak dapat membendung air mata saat ratusan siswa mendatangi seraya memohon maaf dan memohon doa restu.

Imroatul Mahmudah perwakilan siswa kelas dua belas mengungkapkan bahwa seringkali siswa siswi melakukan kesalahan, menyakiti hati, dan merepotkan bapak ibu guru.

“Kepada bapak ibu guru, dari hati kami yang paling dalam, kami memohon maaf atas kesalahan yang telah kami perbuat selama tiga tahun menuntut ilmu di madrasah ini. Berikan kami doa-doa yang indah, restui kami agar kami diberikan kemudahan dalam mengerjakan soal dan mendapatkan hasil yang maksimal,” ucapnya.(dp/fz/bd).