Kelompok ‘Maen Music’ MAN 4 Kebumen Melaju Ke Final Ajang Sonic Linguistic 2022

KebumenRona kebahagiaan tersirat di wajah personel kelompok musik MAN 4 Kebumen yang terdiri dari Rizki, Fendi, Nando, Bintang dan Riska. Pasalnya kelompok musik yang menamakan diri sebagai ‘Maen Music’ itu pada Senin (14/03) dinyatakan lolos ke babak final ajang Sonic Linguistic 2022, sebuah festival musikalisasi puisi yang diadakan oleh MAN Insan Cendekia, Serpong.

Menurut Abi Aunillah sebagai salah satu music arranger MAN 4 Kebumen, lolosnya personel Maen Music ke babak final itu merupakan ‘tantangan yang tak bisa dibilang remeh dan mudah’. Sebab, menurut Salman, peserta yang dinyatakan lolos ke babak final itu diwajibkan membuat lirik lagu sendiri dan sekaligus membuat aransemen musiknya.

“Kalau pas babak penyisihan itu relatif gampang. Sebab liriknya sudah ada. Yang kita pakai waktu itu lirik puisinya WS. Rendra. Nah, di babak final ini agak susah karena lirik kita harus buat sendiri, lirik puisi sendiri, musiknya juga sendiri dan waktunya juga sangat singkat. Hanya lima harian saja. Tapi insya Allah, di Maen Music sudah kita persiapkan semuanya,” ungkap Abi.

Gitaris Maen Music MAN 4 Kebumen, Muhamad Rizki saat ditemui di Studio Maen Music mengatakan bahwa jenis musik yang akan diikutkan dalam final itu nantinya berbeda dari musik pada saat babak penyisihan. Menurut Rizki yang ditonjolkan tetap alat musik tradisional bambunya meskipun ada tambahan alat musik modern berupa gitar.

“Saya sama teman-teman sudah nentuin kalau kita tetap pakai alat musik tradisional saja. Keyboard sih ada, gitar akustik, gitar listrik, bass dan drum juga lengkap. Cuma kita maksimalkan yang bambu. Kita apresiasi alat musik tradisional kita lah, pak,” kata Rizki.(@papirose/fz/bd).