Keluarga Sebagai Miniatur Negara.

Kebumen – Jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka.  Demikian kalimat pembuka Kepala KUA Kecamatan Ambal Akhmad Kheroni saat mengisi  Rapat koordinasi (Rakor) PKK, Sabtu, (12/03), bertempat di Balai Desa Pucangan, Kecamatan Ambal.

Dalam kesempatan tersebut Kheroni menyampaikan pentingnya eksistensi  keluarga dalam sebuah Negara. Miniatur Negara adalah keluarga, jika sebuah keluarga ketahanannya kokoh  maka negara akan tumbuh dan ngrembokoh. Demikian  pula suatu keluarga kuat pun negara akan hebat.

Negara, lanjutnya, telah memberikan rambu – rambu keluarga sebagaimana telah diatur di  UU N0 10 tahun 1992 tentang ketahanan keluarga. Intisari dari produk hukum tersebut adalah menfungsikan  8 fungsi keluarga. Diantara fungsi tersebut adalah  fungsi proteksi  sangat relevan dengan petunjuk Al Qur’an Surat At Tahrim ayat 6.

Masih menurut Kheroni, dalam kenyataannya masih banyak keluarga yang belum menfungsikan hal tersebut. Tindakan pencegahan ( proteksi ) yang dilakukan oleh keluarga belum optimal.  Sehingga masih memunculkan banyak pelanggaran norma agama, norma hukum dan norma masyarakat diantaranya pergaulan bebas,penyakit HIV/AIDS dan PMS, kenakalan remaja, terlibat NAPZA dan masih banyak lagi

Terlebih diera digital sekarang ini yang tanpa mengenal batas, maka orang tua harus lebih ekstra hati – hati dan melek HP sehingga anak akan terpantau aktifitasnya dalam sehari hari. “Diharapakan terantisipasi dan terdeteksi dini  sebagai bentuk proteksi agar keluarga tidak merugi,” jelasnya.

Acara yang diikuti dengan antusias namun cair, dihadiri ketua dan seluruh  pengurus PKK Desa serta   warga masyarakat Desa Pucangan.(ar/fz/bd).