Kembangkan Budaya Literasi, MTsN 5 Kebumen Lounching Buku Antologi Cerpen

Kebumen – Jumat, (04/03) MTsN 5 Kebumen launching buku Antologi Cerpen berjudul Permen Kertas. Buku ini berisi kumpulan cerpen karya peserta didik MTsN 5 Kebumen yang diikutsertakan dalam Festival Literasi Kebumen 2021 gagasan Nyalanesia bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen serta didukung oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen.

Bersama buku ini, juga diterbitkan buku antologi lain hasil ajang tersebut, yakni  Antologi 100 Karya Terbaik Pelajar yang berjudul Bumikata, Antologi Puisi Guru dengan Judul Adiwarna Nusantara dan Antologi Artikel Guru berjudul Merajut Kata Untuk Indonesia. Buku-buku tersebut diterbitkan oleh PT. Nyala Masadepan Indonesia.

Koordinator FLK 2021 MTsN 5 Kebumen, Maryani, mengungkapkan bahwa launching buku ini merupakan publikasi dan promosi karya dari peserta didik, guru dan karyawan MTsN 5 Kebumen yang digabung berdasar jenisnya dengan karya peserta dari sekolah lain sehingga terbitlah buku-buku antologi tersebut.

“Tujuan untuk mengenalkan buku karya siswa dan guru kepada masyarakat dan warga madrasah sehingga dapat memberikan inspirasi untuk karya-karya berikutnya,” jelas Maryani

Acara diselenggarakan di aula MTsN 5 Kebumen ini dihadiri oleh peserta FLK 2021 di MTsN 5 Kebumen yakni dari kalangan guru dan karyawan 17 orang dan peserta didik sebanyak 50. Sambutan Kepala Madrasah, Muhammad Zainal Muhtadin menyampaikan apresiasi dan berpesan kepada siswa dan guru untuk terus berkarya.

Acara dilanjutkan penyerahan plakat penghargaan dari  peserta FLK kepada pihak madrasah yang diwakili waka humas Fuad Hasim. Selain itu juga diserahkan piagam penghargaan juara cerpen terbaik tingkat sekolah. Pada  kesempatan tersebut Kepala Madrasah secara resmi melounching buku-buku karya siswa dan guru. Para peserta juga mendapatkan buku yang memuat karyanya. Pada akhir acara, peserta FLK 2021 dari MTsN 5 Kebumen melakukan foto bersama. (sgy/fz/bd).