Latih Jiwa Kepemimpinan Siswa, MTsN 3 Kebumen Adakan DIANPINRU Pramuka

Kebumen – Dalam upaya melatih kepemiminan peserta didik, MTs Negeri 3 Kebumen adakan DIANPINRU (Gladian Pemimpin Regu) Pramuka selama dua hari. Kegiatan dilaksanakan mulai 4 – 5 Maret 2022. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 60 peserta didik dari kelas VIII sedangkan 20 peserta didik kelas IX sebagai panitia.

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan di aula MTs Negeri 3 Kebumen pada pukul 13.00 WIB. Pembukaan dipimpin langsung oleh Kepala MTs Negeri 3 Kebumen, H.Jahroni.

“Calon dewan itu harus menjadi contoh yang baik bagi warga madrasah, harus menghafalkan Trisatya dan Dasa Darma Pramuka serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu calon dewan juga harus mempunyai sikap religius dan berakhlakul karimah,” ujar Jahroni dalam sambutannya.

Iwan Budianto, selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan menyampaikan maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini adalah  untuk memberikan ilmu kepramukaan, bekal kepemimpinan, meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri pada para peserta.

“Namun yang paling penting mempersiapkan kepengurusan Dewan Kerja Penggalang Gudep 077/078 Pangkalan MTs Negeri 3 Kebumen,” tambahnya.

Materi yang diberikan dalam kegiatan ini meliputi pengetahuan kepramukaan, tata upacara kepramukaan, menaksir, kompas, panorama, PPPK, pionering bongkar pasang tenda, dan wide game. Pengisi materi merupakan kakak pembina pramuka MTs Negeri 3 Kebumen.

Rangkaian kegiatan DIANPINRU diharapkan mampu menjadikan peserta didik kelak menjadi pemimpin yang amanah, berakhlakul karimah, cekatan, disiplin, dan bertanggung jawab.

Kegiatan DIANPINRU Pramuka tidak lepas dari ekstrakurikuler Pramuka yang dilaksanakan setiap Jumat sore. Ekstrakurikuler tersebut wajib diikuti oleh kelas VII sedangkan kelas VIII sebagai kakak Dewan. (nh/fz/bd).