MAN 1 Kebumen Gelar Tes Seleksi PPDB Jalur Prestasi

Kebumen – Menghadapi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2022/2023, MAN 1 Kebumen menggelar tes seleksi melalui jalur prestasi. Seleksi dilaksanakan di laboratorium komputer, Minggu (13/03) diikuti oleh 170 peserta  dari MTs/SMP Kabupaten Kebumen, Cilacap, Purworejo, Magelang, Klaten, Jogja, bahkan ada yang dari Bandung. Peserta tes yang berasal dari perserta didik kelas IX MTs/SMP ini tampak serius mengerjakan soal Matematika, Ilmu Pengetahuan (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, dan Literasi menggunakan aplikasi Computer Based Test (CBT) elearning madrasah.

Kepala MAN 1 Kebumen H. Wachid Adib Melalui Kepala Urusan Tata Usaha Achmad Sunarso menyampaikan, kegiatan ini adalah agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas akademik madrasah. Peserta yang lolos tes nantinya akan dibina dan diproyeksikan menjadi  leader dalam kompetisi-kompetisi yang sifatnya akademis. “Harapannya dengan adanya peserta didik yang berkualitas maka akan tercipta iklim yang kompetitif sehingga akan terwujud madrasah yang mandiri berprestasi”, terangnya.

Wakil Kepala Bidang Kesiswasan Yuniasih yang juga menjabat sebagai ketua panitia pada kegiatan ini menyampaikan, seleksi PPDB jalur prestasi merupakan salah satu jalur PPDB di MAN 1 Kebumen selain jalur reguler. Kegiatan ini bertujuan untuk mencari peserta didik yang unggul dan berprestasi di bidang akademik.

“Hasil seleksi dari jalur ini akan diambil 20 peserta didik yang memenuhi passing grade dan mendapatkan  beasiswa pendidikan 3 tahun”, terangnya.

Peserta yang lolos seleksi nantinya diberi kebebasan memilih jurusan yang ada di MAN 1 Kebumen sesuai dengan bakat dan minatnya. Selain itu juga akan diikutkan dalam berbagai kompetisi sesuai bidang prestasinya dan dibimbing untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri.

Lebih lanjut Yuniasih menjelaskan, peserta yang lolos seleksi juga akan menjadi anggota kelompok Bina Prestasi, yaitu kumpulan peserta didik yang diproyeksikan untuk mengikuti kompetisi prestasi akademis dan non akademis. Peserta didik yang tergabung dalam kelompok Bina Prestasi ini akan dibimbing untuk bisa mengembangkan diri sesuai bakat dan minat serta diharapkan menjadi pribadi yang berakhlakul karimah.

“Anggota kelompok Bina Prestasi merupakan duta madrasah yang dapat membuat iklim kompetitif untuk berprestasi sesuai slogan MAN 1 Kebumen Mandiri, Takwa, Berprestasi (Mantap)”, terang Yuniasih saat dihubungi tim jurnalistik di sela-sela kegiatan. (tt/fz/bd).