Melatih Kejujuran Peserta Didik, MTsN 7 Kebumen  Gunakan Exambrowser pada Pelaksanaan PTS dan PAT

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen- Madrasah Tsanawiyah Negeri 7 Kebumen mulai melaksanakan Penilaian Tengah Semester (PTS) bagi kelas 7,8 dan  Penilaian Akhir Tahun (PAT)  bagi kelas 9 semester Genap tahun pelajaran 2021-2022. Kegiatan ini dilaksanakan mulai Senin 14 Maret hingga Selasa 22 Maret 2022.

Mengingat sekarang ini masih pandemi Covid-19 PTS dan PAT dilaksanakan secara online dan dibagi menjadi 2 sesi. Sesi 1  dimulai pukul  07.00- 09.30 sedang sesi 2 dimulai pukul 10.30-13.00 WIB.  Aplikasi yang digunakan adalah exambrowser.

Menurut Aan Sugiyanto , selaku ahli IT MTsN 7 Kebumen, aplikasi tersebut sengaja dipilih karena Exambrowser memiliki beberapa kelebihan, diantaranya dapat melatih kejujuran peserta didik.

“Menggunakan aplikasi exambrowser pada ponsel , peserta didik tidak dapat melakukan sceenshoot atau membuka aplikasi lain pada saat ujian, peserta didik harus keluar dari aplikasi exambrowser jika ingin membuka aplikasi lain.” Jelas Aan Sugiyanto saat dikonfirmasi tim jurnalistik MTsN 7 Kebumen Senin (14/03) di ruang guru.

Dukungan  dan fasilitas yang penuh juga diberikan oleh M. Nazarudin Chalim, Kepala MTsN 7 Kebumen. Mulai dari jaringan internet hingga fasilitas-fasilitas lainnya yang mendukung pelaksanaannya.  Dia berharap penggunaan exambrowser pada PTS dan PAT ini mampu melatih kejujuran peserta didik dalam mengerjakan soal-soal. Lebih lanjut  M. Nazarudin mengatakan, selain melatih kejujuran, agar peserta didik mampu menggunakan berbagai aplikasi dalam mengerjakan soal-soal lainnya sehingga bertambah wawasan IT nya.

“Semoga PTS dan PAT ini berjalan lancar, tidak ada kendala apapun, dan peserta didik mendapatkan hasil yang maksimal” demikian disampaikan N. Nazarudin Chalim saat mengakhiri sambutannya.(kh/fz/bd).