Memperbaiki Akhlak Manusia Dan Lingkungan Dengan Peringatan Isra’ Mikraj

Kebumen – Isra’ Mikroj mengajarkan bagaimana kita harus berakhlak terhadap manusia, baik yang masih hidup maupun yang sudah meninggal. Juga bagaimana kita mesti belajar membaca dan mentadabburi alam, serta napak tilas sejarah manusia masa lampau. Demikian disampaikan Ustad Badrussalim dalam ceramahnya Selasa, (01/03).

Kegiatan digelar dalam rangka memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW bertempat di Aula MTsN 1 Kebumen.  Guru dan karyawan mengikiuti secara offline, sementara siswa mengikuti secara online melalui Gmeet dan YouTube.

Acara dengan tema Meningkatkan Kualitas Akhlak terhadap Sesama Manusia dan Lingkungan tersebut diawali dengan berbagai tampilan lagu, unjuk hafalan, serta sambung ayat Al Qur’an dari para siswa kelas tahfidz. Sambutan disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Kebumen, Sugeng Warjoko yang berpesan agar siswa dapat mengambil pelajaran dari uraian hikmah Isro’ Mikroj tersebut.

Selanjutnya, uraian hikmah dari Ustad Badrussalim da’i asal Sruweng menguraikan pentingnya akhlak, terutama terhadap orang tua, guru, dan sesama manusia serta alam sekitar. Penyampaian materi yang menarik karena narasumber, salah satu alumni MTs Negeri 1 Kebumen tersebut mampu menggunakan berbagai bahasa, baik  Arab, Inggris, Indonesia, dan Jawa secara fasih, hingga bahasa tubuh yang membuat suasana menjadi lebih semarak.

Ceramah semakin menarik saat sesi quis dari Ustad Badrussalim. Sepuluh pertanyaan yang dilontarkan dijawab oleh para siswa dengan baik dan benar. Imbalannya, peserta yang bisa menjawab mendapatkan hadiah dari madrasah sebelum acara ditutup dengan doa bersama. (Mams/fz/bd).