Peringati Isrok Miroj, Tingkatkan Kualitas Akhlak dan Ibadah Siswa

Kebumen – Bertempat di aula setempat, Rabu (02/03) MTsN 6 Kebumen menggelar peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Mengingat pandemi yang belum usai, kegiatan hanya diikuti oleh peserta siswa VIII serta seluruh guru dan karyawan MTsN 6 Kebumen. Sedangkan siswa lainnya mengikuti secara live streaming di channel youtube MTs Negeri 6 Kebumen.

Dengan mengusung tema “Menjadikan moment Isra Mi’raj untuk meningkatkan kualitas akhlak dan ibadah kaum milenial di masa pandemi Covid 19, kegiatan ini berlangsung penuh hikmat.

Kepala MTsN 6 Kebumen, Mohamad Makhi dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para siswa agar senantiasa menyimak ceramah yang akan disampaikan oleh ustadzah Eti Komariah. “Kalian harus bisa menangkap pesan yang terkandung dalam peristiwa Isra’ Mi’raj ini agar dapat meningkatkan kualitas ibadah dan akhlak kita semua, sehingga kelak kalian mampu menjadi generasi milenial yang beriman dan berakhlak.”pesannya.

Ustadzah Eti Komariah menyampaikan tausiahnya dengan sangat komunikatif dan humoris. Dijelaskannya, Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW merupakan peristiwa maha dahsyat, luar biasa, dan penuh makna. Oleh-oleh dari peristiwa isrok miroj ini adalah menjalankan salat lima waktu. “Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw terjadi di bulan Rajab. Rajab itu terdiri dari tiga huruf, Ra-ja-ba. Ra berarti Rahmatullah, Jim berarti Jurmul Abdi, dan ba berarti Birrullah,”terangnya.


Ustadzah juga menjelaskan tentang pentingnya akhlak pergaulan remaja. “Sebisa mungkin kalian jangan pacaran dulu. Ngabisin duit aja,”selorohnya yang diikuti tawa para siswa.

Dia mengajak para siswa untuk selalu berpikiran positif, optimis, dan jangan putus asa. Acara semakin seru, saat ustadzah mengajak para siswa untuk berdendang bersama menyanyikan lagu butiran debu (Cakra Khan) yang sudah digubahnya. Aku terjatuh dan ku bisa bangkit lagi, Aku tenggelam namun bisa berenang, Aku tersesat dan ku tahu arah jalan pulang, Aku tanpamu bisa bali dewe. (ww/fz/bd).