PMR MTsN 6 Kebumen Ikuti Youth Camp Tingkat Madya

Kebumen – PMR (Palang Merah Remaja) MTsN 6 Kebumen mengikuti event Youth Camp tingkat madyayang diselenggarakan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Kebumen. Event ini digelar secara daring dan luring mulai hari Kamis sampai Minggu 17-20 Maret 2022. Markas PMI Kabupaten Kebumen dan SMPN 7 Kebumen menjadi tempat dilaksanakannya Youth Camp.

Youth Camp ini diikuti oleh 62 siswa dari 31 pangkalan (sekolah). Tiap pangkalan mengirimkan dua siswa dalam ajang ini. Noviliana  Ismulati dan Aulia Ramadhani mewakili PMR madya MTsN 6 Kebumen. Youth camp tingkat madya merupakan kegiatan camping yang diikuti oleh pelajar Sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun) di setiap pangkalan untuk mewujudkan pelajar yang berkarakter. Tema yang diambil pada event ini yaitu mewujudkan PMR Madya yang pandai, manusiawi, dan respon.

Wasitun dan Siti Nurjanah, pembina PMR merasa bangga anak didiknya dapat mengikuti kegiatan Youth Camp ini. “Anak akan tertempa jiwa kepemimpinan dan kemandiriannya setelah mengikuti event ini. Bukan sekadar camping saja, akan banyak bekal materi yang akan didapatkan peserta, jelas Wasitun di ruang UKS.

Saat melepas delegasi PMR Madya MTsN 6 Kebumen, Mohamad Makhi Kepala MTsN 6 Kebumen berpesan untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan senantiasa menjaga kesehatan mengingat cuaca saat ini yang tidak menentu.

“Persiapkan fisik kalian dan jaga kesehatan agar bisa mengikuti kegiatan ini sampai selesai,”pesannya.

“Semoga dengan giat Youth Camp ini PMR MTsN 6 Kebumen semakin terasah jiwa kepemimpinannya dan selalu sigap menolong sesame,” ujarnya menambahkan.

Para peserta Youth Camp ini akan dibekali dengan tujuh materi pokok PMR dengan narasumber dari pelatih PMI dan fasilitator dari Forum Tenaga Sukarela Pembina PMI serta KSR Kabupaten Kebumen. Bekal materi tersebut meliputi: gerakan kepalangmerahan, kepemimpinan, pertolongan pertama,sanitasi dan kesehatan, kesehatan remaja, kesiapsiagaan bencana, dan donor darah. Selain materi pelatihan, ada banyak game menarik dan ice breaking di awal penugasan yang disampaikan oleh para pelatih.

“Banyak pengalaman baru yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan ini. Acaranya juga seru dan tidak membosankan,” ujar Aulia sambil menikmati makan siang.(ww/fz/bd).