Revitalisasi, Upaya wujudkan KUA Sebagai Pusat Layanan Keagamaan Yang Prima.

Kebumen – Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas mencanangkan Revitalisasi Kantor Urusan Agama sebagai prioritas selama kepemimpinannya. Program ini merupakan upaya Kemenag untuk mewujudkan KUA sebagai pusat layanan keagamaan yang prima, kredibel, dan moderat guna meningkatkan kualitas umat beragama. Demikian disampaikan Kepala KUA Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni saat melakukan audiensi dengan Kepala SMK Dian Teknik, Imam Sukotim di ruang kerjanaya, Sabtu (12/03).

Menurut Kheroni, audiensi dimaksudkan untuk menjalin komunikasi, dan menjaring aspirasi. Dengan begitu diharapkan ke depan  KUA bisa bersinergi dengan SMK Dian teknik yang notabene merupakan sekolah kejuruan berbasis Pesantren.

”Saya berharap audiensi yang kita lakukan hari bisa diwujudkan  dalam bentuk MoU dan bisa segera ditindak lanjuti.” tandasnya.

Sebagai contoh lanjutnya, kerjasama yang bisa diwujudkan diantaranya peningkatan kualitas SDM terutama siswa  berupa bimbingan dan penyuluhan yang meliputi Persiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja ( PKBR), Sosialisasi UU perlindungana anak, reproduksi sehat, Sosialisasi Jo kawin Bocah dan UU 16 tahun 2019 serta NAPZA. Selanjutnya kerja sama layanan wakaf dengan mendorong dan mengakselerasi tanah dan asset  untuk diikrar wakafkan agar tertib secara administrasi dan hukum serta melindungi kejadian dan peristiwa yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Dibagian lain dalam pernyataannya, Kepala sekolah SMK Dian Teknik, Imam Sukotim menyambut positif kerja sama ini. Selanjutnya bersama Kepala Bidang Kurikulum yang ikut mendampingi, Imam akan segera mempersiapkan draft MoU.

Bersamaan dengan itu  lanjutnya, akan segera mempersiapkan administrasi perwakafan agar memiliki legal standing untuk kepentingan sekolah itu sendiri dalam mengakses pendanaan dari luar baik pemerintah, swasta maupun pihak lain.(ar/fz/bd).