Sambut Ramadhan, KUA Ambal Gelar Rakor Susun Agenda Amaliah Bulan Suci

Kebumen – Menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal  bersama Forkompimcam dan instansi lintas sektoral lainnya, Senin (21/3/2022) bertempat  di aula KUA Kecamatan Ambal, menggelar rapat koordinasi  dalam rangka menetapkan agenda kegiatan amaliah di bulan suci.

Dalam sambutannya Kepala KUA Ambal, Akhmad Kheroni, S.H.I meyatakan senang dan gembira serta mengapresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan. Menurutnya menjelang Ramadhan  mempersiapkan sedini mungkin baik fisik dan mental sangat diperlukan. “Fisik kuat dan mental yang sudah dipersiapkan  akan menunjang kesempurnaan ibadah, imbuhnya,”katanya.

“Dengan fisik yang bugar dan mental yang sudah disiapkan kita akan memasuki bulan suci dengan gembira.” terangnya.

Dalam penjelasan lainnya Penyuluh Agama Islam Fungsional  KUA Kec. Ambal, sekaligus koordinator kegiatan, Ky Fahrudin mengatakan, beberapa agenda amaliah yang akan dilaksanakan menjelang Ramadhan nantinya akan difokuskan di Masjid al Mustofa Komplek KUA Kec Ambal, dengan menghadirkan anak-anak sekolah serta masyarakat sekitar.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini lanjut Pendakwah asal Soka Poncowarno ini, adalah untuk memakmurkan dan  mendekatkan anak untuk semakin mencintai masjid. Dan harapan besar lainnya dengan adanya kajian  Riyadhus Shalihin nantinya akan semakin menambah cakrawala dan kekhusu’an para jamaah dalam menjalani ibadah di bulan suci. 

Selanjutnya terang Ky Fahrudin, rencana kegiatan Amaliah Ramadhan  diantaranya yaitu : Pertama tadarus al Qur’an dan kajian ilmiah untuk pelajar SMP. Kedua, tadarus al Qur’an dan kajian ilmiah untuk pelajar SMK. Ketiga, tadarus al Qur’an dan kajian untuk kedinasan. Keempat, tadarus dan kajian untuk Muslimat dan Fatayat serta Majlis Taklim ibu ibu sekitar. Kelima, kajian kitab Riyadus Sholihin setiap ba’da sholat dhuhur dan yang terakhir Safari Dakwah Gerakan Sadar Zakat berkeliling masjid sesuai tempat yang sudah terjadwal.

Pada bagiannya, Camat Ambal melalui  Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Raisno, S.E mendukung sepenuhnya kegiatan yang baru pertama kali ini akan dilakukan. Dan tentu lanjutnya, karena kegiatan  cukup banyak melibatkan anak sekolah, akan membuat anak anak lebih banyak mengisi waktunya dengan hal bermanfaat dan  yang lebih penting lagi mempunyai nilai pahala. Apalagi berlangsung dibulan suci. Raisno optimis kegiatan amaliah nantinya akan semakin membuat masyarakat Ambal lebih religius.

Dipihak lain, Danramil Ambal, Aris Yulianto yang menghadiri langsung acaraa mengatakan, siap mem-backup penuh kelancaran dan kesuksesan kegiatan. Acara berlangsung antusias, dan berakhir menjelang Ashar. Turut menghadiri acara utusan Puskesmas, Guru SMP dan SMKN diwilayah Ambal 1, Perwakilan Takmir dan Penyuluh Agama Islan Non PNS KUA Kec. Ambal.(ar/fz/bd).