Sinergi Pemerintah Dan Tokoh Agama Dalam Membimbing Umat

Kebumen, Sinergi Pemerintah dan Tokoh Agama dalam membimbing masyarakat menuju   Umat  Wasathiyah merupakan hal yang mutlak diperlukan. Hal Ini penting dilakukan demi terciptanya kenyamanan dan ketenteraman dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Demikian dikatakan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ambal, Akhmad Kheroni, S.H.I saat memberikan materi  pada pertemuan rutin Tokoh Agama sekaligus menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Kamis (31/3/2022), bertempat di rumah Ky Suparno, Desa Surobayan, Kec Ambal

Dikatakannya, seperti kejadian kejadian sebelumnya, penentuan awal dan akhir Ramadhan kadang kala terjadi perbedaan di kalangan umat Islam Indonesia. Untuk Itu Kheroni menghimbau kepada tokoh agama  agar bisa membimbing umat untuk bisa mensikapi perbedaan.

“Mari kita ajak masyarakat untuk saling mengerti dan menghargai, mencari kesamaan dalam perbedaan,” ajak Khaeroni.

Hal tersebut menurutnya selaras dengan ideologi Pancasila Bhineka Tunggal Ika. Berbeda beda namun satu jua.

Dibagian lain dalam penyampaiannya Kheroni juga mengajak kepada  tokoh agama agar bisa membimbing umat dalam menyikapi Surat Edaran (SE) Nomor 05 Tahun 2022 terkait penggunaan pengeras suara secara bijak, jangan sampai volume pengeras suara menimbulkan potensi gangguan ketentraman dan keharmonisan antarwarga masyarakat.

Selain itu juga terkait penerapan protokol kesehatan dengan adanya SE Menteri Agama No 06 Tahun 2022 tentang Pelaksanaan Kegiatan Peribadatan/Keagamaan di Tempat Ibadah Pada Masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 serta Penerapan Protokol Kesehatan.

Sementara itu Ky Suparno mewakili tokoh agama yang hadir, berkomitmen untuk mendukung dan berusaha untuk mensosialisasikan aturan pemerintah demi tercapaianya kenyamanan dan ketentraman, apalagi akan segera memasuki bulan suci. 

Pertemuan  selapanan yang dihadiri  Ky dari 32 Desa ini, merupakan acara rutin sebagai upaya untuk lebih mempererat sinergi antara Pemerintah dan Tokoh agama di wilayah Kec Ambal.(ar/fz/bd).