Tingkatkan Kesehatan Calon Jamaah Haji, KUA Gombong Gandeng Puskesmas Gelar Manasik dan Rockport.

Kebumen – Menjaga dan meningkatkan kesehatan calon jamaah haji di wilayahnya, Kamis (17/03) bertempat di lapangan Manunggal Kecamatan Gombong, KUA kecamatan Gombong bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Sempor dan Gombong melakukan pembinaan kesehatan dan kebugaran bagi calon jamaah haji 2022. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala KUA kecamatan Gombong H. Mufid di halaman Masjid Al Mutaqin Manunggal Gombong diikuti oleh 81 calon jamaah haji kecamatan Gombong dan Sempor

Dalam sambutannya saat membuka kegiatan, H. Mufid memotivasi seluruh calon jama’ah haji agar tetap semangat mengikuti manasik haji meskipun tahun ini belum pasti berangkat.

“Semoga kerajaan Arab Saudi membuka kesempatan dan menyelenggarakan ibadah haji sebagaimana sebelum adanya pandemic,” ucap H. Mufid.

Usai pembukaan dilanjutkan pengarahan dari petugas UPTD Puskesmas Imam Suladi Rokhim S.Kep tentang Rockport. Dijelaskan Imam, Rockport adalah pengukuran kebugaran jantung paru dengan menghitung waktu tempuh seseorang dengan jarak sekitar 1600 m yang biasanya dilakukan di lapangan 3 kali jalan atau lari semampunya.

Sebelum rockport dilaksanakan petugas mengecek kesehatan peserta yang meliputi cek tekanan darah, suhu badan, saturasi O2: SO2, pengukuran berat badan dan tinggi badan.

Mengawali kegiatan Rockport peserta melakukan perenggangan anggota tubuh yang meliputi regangan leher, kepala, tangan, pinggul, siku tangan, lutut, kaki sebagai pemanasan. Peserta melakukan  rockport dengan olah raga ringan lari-lari kecil mengelilingi lapangan Manunggal sebanyak 3 kali. Selesai Rockport, calon jamaah haji dicek kesehatan lagi.

Hasilnya tingkat kesehatan Calon Jamaah Haji kecamatan Gombong-Sempor dinyatakan baik dan cukup. Tim kesehatan menghimbau agar Calon Jamaah Haji sering olah raga ringan, jogging setiap hari selama 30 sd 40 menit pada jam 09.00 pagi atau sore hari dan perbanyak minum air putih. Itu semua bertujuan agar calon jamaah haji bisa menyesuaikan kondisi yang ada di Arab Saudi.

Seluruh peserta tampak antusias, tak terkecuali   seperti Bu Darminah (70 tahun) beserta suaminya. Tak surut semangatnya, walaupun secara fisik dibantu kursi roda.(sis/fz/bd).