Tingkatkan Rasa Percaya Diri Anak RA, PD IGRA Kebumen Gelar Festival

Kebumen – Mengembangkan berbagai potensi anak Raudhatul Athfal (RA) agar memiliki rasa percaya diri di depan umum, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen melalui Pimpinan Daerah Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PD IGRA) Kabupaten Kebumen mengadakan “Festival Anak Raudhatul Athfal Tahun 2022” Sabtu, (12/03). Festival ini diikuti oleh 417 anak didik dari 118 Roudlotul Athfal seluruh Kebumen

Mengangkat tema “Mandiri Berprestasi”, kegiatan dilaksankan di Bale Petanahan Hotel Candisari Karanganyar Kebumen. Hadir dalam kesempatan ini Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih, Kasubbag TU Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Khamid, Kasi Pendidikan Madrasah Hj. Suwaibatul Aslamiyah dan juga Ketua IGRA Kebumen Siti Nafingatun.

Ketua IGRA Kabupaten Kebumen Siti Nafingatun menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan nilai – nilai kemandirian dan meningkatkan prestasi anak didik RA di Kabupaten Kebumen. “Kami berharap Semoga dengan terlaksananya Kegiatan Festival Anak RA ini, dapat memberikan motivasi nilai-nilai percaya diri, penanaman akhlaqul karimah dan memiliki nilai-nilai kenangan bagi peserta didik RA yang mengikuti  kegiatan ini,” terangnya.

Dijelaskan lebih lanjut, kegiatan ini sekaligus dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H dan mengobati kerinduan anak RA setelah dua (2) tahun lebih tanpa ada kegiatan akibat pamdemi.”Festival ini telah lama ditunggu oleh anak – anak, orang tua dan juga dewan guru,” katanya.

Adapun beberapa festival yang digelar diantaranya yaitu : 1. Adzan dan Iqomah, 2. Suratan pendek dalam Alqur’an, 3. Doa-doa harian, 4. Nyanyi mars anak RA, dan  5. Gerak dan lagu. Sedangkan untuk penjurian nantinya akan dilaksanakan oleh lembaga jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang dilakukan secara profesional.

“Terbaik, bukan pemenang karena semua anak adalah terbaikterbaik, jadi hari ini yang mengikuti festifal semuanya mendapatkan penghargaan berupa piala, hanya memang ada penampilan terbaik 1,2,3 di masing masing lomba,” ujar Hj. Nafingatun.

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen Hj. Suwaibatul Aslamiyah mengatakan sangat mendukung dan menyambut baik kegiatan ini. Senada dengan Ketua IGRA, Kasi Penmad juga berharap ajang ini dapat lebih mengembangkan berbagai potensi anak Raudhatul Athfal (RA) sebagai persiapan untuk menguasai hajat hidup bagi dirinya sendiri (Life Skill) di masa mendatang.

Festival Anak RA ini juga sebagai ajang silaturahmi agar meningkatkan kepercayaan diri mereka, sehingga kedepan anak anak ini memiliki mental yang kuat dan siap bersaing di masa depan.

“Harapan saya, slogan madrasah mandiri dan berprestasi benar – benar akan terwujud melalui kegiatan ini,” ujarnya.

Bupati Kebumen H. Arif Sugiyanto saat menghadiri Festival anak RA ini juga mengatakan sangat mendukung dan mengapresiasi adanya kegiatan ini. Terlebih selama 2 tahun ini, tidak ada kegiatan akbar seperti ini. Dimana anak anak hanya berinterkasi dengan gadget dalam pembelajaran setiap harinya.

“Tentunya kita memerlukan anak anak yang disupport secara karakter supaya menjadi SDM Kabupaten Kebumen yang unggul dan menjadi kebanggaan kita semuanya,” Terangnya.(fz/bd).