Upaya Revitalisasi KUA Berbasis Mandiri, KUA Buayan Bangun Sinergitas  Dengan Puskesmas

Kebumen – Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Buayan, Fatachul Chusen berkomitmen kuat untuk melaksanakan Revitalisasi KUA berbasis mandiri. Yang mana KUA tidak hanya menjadi Kantor Urusan Asmara, melainkan utaamanya adalah Kantor Urusan Agama.

Komitmen ini disampaikan Kepala KUA bersama Penyuluh Agama Islam saat melaksanakan koordinasi dengan Kepala Puskesmas Kecamatan Buayan, Suhartini. Kordinasi yang bertempat di Puskesmas Kecamatan Buayan, Rabu (09/03).

“Pelayanan KUA harus prima, tidak semata kantor urusan asmara, tapi sesuai namanya, yaitu Kantor Urusan Agama,” jelas Fatachul Chusen.

“Walau tidak dipungkiri, KUA juga perkuat pelayanan bagi calon pengantin dengan melaksanakan pemeriksaan data calon pengantin dan Bimbingan Perkawinan Mandiri yang sudah dilaksanakan setiap hari di KUA” sambungnya.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, KUA Buayan telah bersinergi dengan seluruh instansi dan stakeholder terkait, termasuk diantaranya Puskesmas Kecamatan Buayan.

“Penularan penyakit HIV/AIDS juga harus menjadi perhatian kita bersama. Maka menurutnya sangat pentingn bagi para calon pengantin melakukan pemeriksan kesehatan sebelum melangsungkan pernikahan. Dan Alhamdulillah sekarang para calon pengantin sudah bisa melakukan pemeriksaan kesehatan setiap hari di Puskesmas Buayan.” ujar Kepala KUA.

Kepala KUA Kecamatan Buayan menekankan, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu kita bersama harus dari sedini mungkin dalam menekan penularan penyakit HIV/ADIS, dan itu bisa dimulai dari anak usia sekolah menengah, SMA/SMK. Dalam upaya ini KUA Buayan juga telah menjalin sinergitas dengan beberapa sekolah yang ada disekitar buaya. Pada pelaksanaannya mereka para penyuluh yang langsung terjun ke lapangan memberikan penyuluhan.

Sementara itu, melihat angka penderita HIV/AIDS di wilayah Buayan, Kepala Puskesman Buayan Suhartini menyatakan siap membantu dan bekerjasama untuk bersama bergerak mencegahnya.

“Kita harus bisa bersinergi agar tercapai tujuan bersama” Ucapnya.(es/fz/bd).