Amaliah Ramadan, MIN 1 Kebumen Gelar Kurma Manis

Kebumen – Ramadan sudah memasuki sepuluh hari terakhir. Kegiatan pembelajaran di madrasah juga hampir berakhir. Untuk meningkatkan semangat beramal di bulan Ramadan, MIN 1 Kebumen menggelar kegiatan bertajuk “Kurma Manis” atau Tafakur Bersama Ramadan Istimewa.

Program Kurma Manis ini dilaksanakan sepanjang Ramadan dengan berbagai kegiatan seperti salat Duha, Tadarus Al Quran,  Tebar Kalam (Telaah Bareng Kajian Islam), Lomba-lomba, Khotmil Quran, Gebyar Sholawat, dan Berbuka Bersama.

Jumat (22/4) dan Sabtu (23/4), kegiatan lomba azan, asmaul husna, sambung ayat, dan Cerdas Cermat Islami  dilaksanakan di aula dan musala Al Hikmah MIN 1 Kebumen secara bergantian. Kegiatan lomba ini diikuti oleh perwakilan masing-masing kelas 1 sampai dengan kelas 6 setelah sebelumnya dilaksanakan seleksi di kelas masing-masing.

Kepala madrasah, Hj. Widyastuti, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan kebahagiaannya melihat antusiasme siswa dan wali siswa MIN 1 Kebumen menyukseskan kegiatan Kurma Manis. Menurutnya, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini selain mengisi kegiatan amaliah Ramadan juga sebagai ajang kompetisi yang sehat bagi siswa MIN 1 Kebumen. Widyastuti berharap agar kegiatan positif ini selalu dilaksanakan untuk menciptakan atmosfer yang positif di madrasah.

Antusias siswa sangat tampak pada kegiatan lomba ini. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang memenuhi target. Mereka dengan penuh percaya diri menampilkan yang terbaik. Aroma kompetisi sangat terasa di lomba-lomba ini.

Salah seorang peserta lomba dari kelas 1, Muhammad Maher Almas, menyampaikan rasa senangnya mengikuti lomba sambung ayat secara berpasangan. Meski nomor undi dan surat yang harus dihafalkan diambil sesaat sebelum lomba, mereka bisa menampilkan hafalan dengan sangat baik.

“Aku dapat surat Al Qori’ah. kemarin kami sudah belajar menghafal di kelas, jadi sekarang sudah siap. Aku senang sekali mengikuti lomba sambung ayat ini.” Tutur Maher Almas.

Lomba Cerdas Cermat Islami yang diikuti siswa kelas 4-5 juga sangat terlihat nuansa kompetisinya. Materi yang dilombakan merupakan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diberikan di madrasah. Kusen, M.Pd., guru PAI MIN 1 Kebumen menyampaikan, dilaksanakannya lomba Cerdas Cermat Islami ini juga sebagai tolak ukur menguji sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami mata pelajaran PAI.

“Ini juga bisa dianggap sebagai bentuk evaluasi pembelajaran dengan teknik yang berbeda,” ujar Kusen.

Beberapa wali murid yang ditemui seusai pelaksanaan lomba menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya terhadap MIN 1 Kebumen. Kegiatan amaliah Ramadan yang dilaksanakan di madrasah benar-benar meninggalkan kesan yang baik di benak siswa.(dw/fz/bd).